HETANEWS

Bukan Sulap, Layar Penampil LG ini Memang Transparan!

LG memperkenalkan media penampil Transparent OLED Signage, bentuknya layar kaca 55 inci yang tembus pandang. ( Foto: Suara Pembaruan / Unggul Wirawan )

Jakarta, hetanews.com - PT LG Electronics Indonesia menegaskan posisinya di segmen Business to Business (B2B) pada pasar Indonesia. Khusus di kategori media penampil atau produk digital signage, LG memperkenalkan lima model terbaru. Satu produk yang memukau adalah LG Transparent OLED Signage. Bukan sulap, bukan sihir, bentuknya layar kaca 55 inci yang tembus pandang.

“Mungkin ada yang bilang ini cuma prototipe, bukan lho. Kami sudah jual di Indonesia. Salah satu toko jam mewah sudah pakai produk ini, Ada di Central Park, Jakarta Barat. Kami sudah jual untuk B2B, dan memang untuk consumer atau perorangan. Dalam waktu dekat, kami juga sediakan untuk lembaga pemerintahan,” ujar B2B Business Head LG Electronics Indonesia Agustian Yusetia, saat media gathering di Jakarta, Senin (21/10).

Menurut Agus, LG juga punya media tampil transparan, tapi masih berbentuk LCD. Jadi masih ada backlightnya. Kini dengan layar OLED yang menghasilkan sinar, tidak perlu backlight. LG akhirnya bisa membuat transparan display seperti LG Transparent OLED Signage.

“OLED itu menghasilkan cahaya dan gambar. Jadi TV OLED itu semua tipis. Kalau dari segi penggunaan, kami itu mau menampilkan penggabungan antara informasi digital dengan produk. Biasanya di belakang layar ini ditaruh produk sebenarnya, misalnya jam tangan merek A. Layar akan menceritakan jam tangan itu. Tidak perlu orang, teknologi digital akan menjelaskan kepada pengunjung. Bisa juga museum, daripada lihat benda kecil-kecil, diberi visuasliasinya pada layar ini,” ujarnya.

Saat layar dalam keadan aktif dengan berbagai tampilan gambar, seseorangg tetap akan bisa melihat objek yang diletakkan di bagian belakangnya. Layar dapat digunakan untuk memainkan berbagai macam berkas digital seperti video, atau gambar statis, dengan tingkat transparansi 38%. Tak hanya dapat berdiri tegak seperti televisi, media penampil ini dapat dipasang dengan tingkat kemiringan sesuai penggunaan.

“Yang makin memikat, dengan tambahan aplikasi tertentu, layar bisa diubah sehingga memiliki kemampuan bereaksi pada sentuhan. Interaksi dapat menjadi lebih intuitif dengan tetap menatap objek sebenarnya,” tambahnya..

Menurut Agus, LG Transparent OLED Signage ditawarkan seharga Rp 300 juta per unit. Produk ini merupakan OLED transparan yang pertama dari LG Electronics. Pihak LG menargetkan media penampil transparan ini dapat terjual minimal 1 unit per bulan.

Sumber: Suara Pembaruan

Editor: tom.