HETANEWS

Mahfud MD: Saya Bersedia, Menteri Apa? Jokowi Lebih Tahu

Eks Ketua MK Mahfud MD di Kantor Gubernur DIY

Jakarat, hetanews.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengaku siap membantu Presiden Jokowi di pemerintahan Jokowi - Maruf Amin periode 2019-2024 sebagai menteri. Namun Mahfud MD tidak cerita soal pos menteri tawaran Jokowi.

Hal ini dikatakan Mahfud usai menemui Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

"Saya nyatakan bersedia. Saya nyatakan siap membantu negara," ujar Mahfud.

Namun ia belum mengetahui dirinya memimpin kementerian mana. Jokowi kata Mahfud juga sudah mengetahui persis latar belakang dirinya.

Karena itu kata Mahfud, ia meyakini Jokowi lebih mengetahui posisi mana yang cocok untuk dirinya.

"Saya kira, ya surprised juga tadi presiden tahu betul latar belakang saya dari waktu ke waktu. Sehingga saya tidak perlu nawar saya ingin apa, beliau (Presiden) tahu yang cocok untuk saya apa. Sehingga saya tidak perlu bertanya, beliau tahu saya tepatnya di mana. Biar presiden saja," ucap dia.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan adapun pelantikan jajaran menteri kabinet akan digelar pada Rabu (23/10/2019).

"Kalau tidak berubah akan dilantik besok lusa hari rabu. Pagi sudah berkumpul di sini," tandasnya.

Jokowi akan melantik menterinya, Rabu (23/10/2019) besok pukul 09.00 WIB. Jokowi akan memanggil para calon menteri pukul 07.00 WIB di hari yang sama.

Nantinya Rabu pagi pertemuan para calon menteri akan diperkenalkan.

Jokowi berniat mengumumkan susunan kabinet periode 2019-2024 pada hari ini Senin (21/10/2019). Namun menjelang pengumuman nama-nama menteri, sejumlah staf Istana Kepresidenan Jakarta terlihat membawa kemeja putih panjang yang masih terbungkus plastik.

Namun saat ditanya apakah kemeja-kemeja baru tersebut untuk digunakan menteri baru, para staf Istana Kepresidenan tak menjawab. Mereka langsung masuk ke arah Istana membawa kemeja -kemeja baru tersebut.

Untuk diketahui, pada 2014 lalu ketika Jokowi mengumumkan nama-nama menteri, para menteri juga mengenakan kemeja putih. Mereka kompak mengenakan baju putih saat diumumkan Jokowi. Hingga kini pihak Istana Kepresidenan belum menjelaskan kemeja putih tersebut.

Jokowi menyebut susunan kabinet periode 2019-2024 sudah rampung. Jokowi mengaku akan mengumumkan susunan kabinet periode 2019-2024, Senin (20/10/2019).

"Sudah rampung. Sudah selesai. Nanti besok pagi lah. Nanti saya kenalkan besok pagi," ujar Jokowi kemarin.

Kata Jokowi, dirinya akan memperkenalkan susunan kabinet esok pagi. Setelah itu nantinya para menteri kabinet akan dilantik

"Ya dikenalkan dulu, ya kemudian dilantik. Ya kalau sudah dikenalkan ya mesti dilantik," ucap dia.

Ketika ditanya apakah 16 menteri yang dipilih, dari kalangan partai, Jokowi tak menjawab secara pasti. Ia mengaku belum menghitung berapa jumlah kursi dari kalangan partai.

"Ya (16 menteri dari kalangan partai) kurang lebih. Saya belum ngitung. Kurang lebih," tutur Jokowi.

sumber: suara.com

Editor: sella.