HETANEWS

Calon Menteri Jokowi, Ini Profil Mahfud MD

Jakarta, hetanews.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, menjadi calon menteri pertama yang datang ke Istana Merdeka Jakarta, pagi tadi. Kehadirannya untuk memenuhi undangan Presiden Jokowi ke Istana menjelang pengumuman dan pengenalan susunan Kabinet Kerja Jilid II.

Beberapa kalangan mulai menerka-nerka posisi yang bakal didapat Mahfud. Ada yang berpendapat, posisi yang tepat untuknya adalah jabatan dengan latar belakang hukum, seperti jaksa agung atau menteri hukum dan hak asasi manusia (menkumham).

Pasalnya, dari dari jalur dan profesi yang ditekuni Mahfud MD, selalu bersentuhan dengan bidang hukum. Berikut profil singkat Mahfud MD yang dihimpun, Senin (21/10/2019).

Nama Mahfuf MD memang bukan tokoh baru yang pernah menjabat beberapa posisi menteri. Pria kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 itu tercatat pernah menjadi menteri pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Mahfud pernah menjabat ketua MK periode 2008-2013. Dia menjadi salah satu pakar hukum tata negara yang menjabat tiga lembaga negara berbeda secara beruntun, lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Gelar doktor Mahfud MD diraih pada 1993 dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sebelum diangkat menjadi menteri, dia adalah pengajar dan guru besar hukum tata negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Mahfud MD lahir dari pasangan Mahmodin dan Suti Khadidjah. Inisial MD di belakang namanya berasal dari nama ayahnya itu. Ceritanya, pada saat dia duduk di bangku SMP, ada dua siswa yang mempunyai nama Mahfud. Untuk membedakannya dari temannya itu, di belakang namanya akhirnya ditambahkan inisial MD.

Mahfud MD tadi pagi merapat ke Istana Negara, Jakarta, memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia keluar dari kantor presiden itu sekitar pukul 10.30 WIB.

Kurang dari sejam pertemuannya dengan Jokowi, Mahfud mengaku membahas sejumlah hal bersama kepala pemerintahan. “Saya tadi dipanggil Pak Presiden. Intinya saya diminta mengisi posisi menteri,” ucap Mahfud kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin (21/10/2019).

Kendati demikian, dia enggan membeberkan pos kementerian apa yang bakal diisinya.

sumber: inews.id

Editor: sella.