HETANEWS

Satgas TMMD Adakan Penyuluhan Peternakan dan Perikanan pada Masyarakat Marubun

Suasana penyuluhan di Desa Marubun, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu malam (19/10/2019). (foto/wh)

Sergai, hetanews.com - Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS, bekerjasama dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Peternakan dan Perikanan, menggelar penyuluhan perikanan dan peternakan, di Desa Marubun, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu malam (19/10/2019), lalu.

Petugas PPL Peternakan Kecamatan Sipispis, Sikta Arbani Purba, memberikan materi tentang budidaya hewan ternak, agar hasilnya bisa lebih maksimal. Menurutnya, yang paling penting dalam budidaya perikanan dan peternakan adalah cara pemberian pakan yang baik terhadap hewan peliharaan.

"Faktor yang paling penting dalam budidaya perikanan dan peternakan adalah pakan yang baik. Melalui pemberian pakan yang baik, maka pertumbuhan hewan peliharaan akan lebih maksimal," ujarnya.

"Cara budidaya ikan yang baik merupakan penerapan cara memelihara dan atau membersarkan ikan serta mamanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol, sehingga memberikan jaminan pangan dari pembudidayaan dengan memperhatikan sanitasi, pakan obat ikan dan bahan kimia serta bahan biologi," ujarnya.

Sedangkan budidaya ternak, dapat dimulai dari hal sederhana dan tidak perlu lahan luas. Namun beberapa hal yang perlu diperhatikan, menyiapkan sarana budi daya yang baik berupa kandang/wadah dan sarana penunjang lainnya, menyiapkan atau mengadakan bibit yang baik, memperlakukan bibit dengan baik, baik pemeliharaan maupun saat transportasi, populasi ternak dalam kandang tepat jumlah pemberian pakan dengan kandungan gizi yang baik, takaran cukup, dan tepat waktu dan panen sesuai target, paparnya.

Sementara itu, Staf Ter Kodim 0204/DS, Peltu M Rospiandi mengatakan, penyuluhan ini merupakan salah satu kegiatan sasaran non fisik TMMD ke-106 Kodim 0204/DS. Selain melaksanakan sasaran fisik, Satgas TMMD juga melakukan sasaran non fisik dalam bentuk penyuluhan.

Plh Kepala Desa Marubun, Mina Charli Purba, mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS yang telah melaksanakan penyuluhan perikanan dan peternakan, di Desa Marubun.

"Penyuluhan ini memberikan banyak manfaat bagi warga saya yang sebagian besar bermata pencarian sebagai peternak. Mudah-mudahan materi yang telah diberikan oleh para petugas PPL dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil budidaya ikan dan ternak warga di sini," ujarnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sikta Arbani Purba sebagai pemberi materi, Peltu M Rospiandi Bati Bakti, Staf Ter kodim 0204, Serma Hasmuni, Batuud Koramil 15/Sipispis, Plh Kades Desa Marubun, Mina Charli Purba dan warga Desa Marubun.

Penulis: wh. Editor: gun.