HETANEWS

Sadarita Purba Dasuha SE: Purba Dasuha Memiliki Sejarah yang Cukup Panjang

Para pengurus saat memberikan cenderamata kepada Bupati Sergai, Soekirman.

Sergai, hetanews.com - Kepengurusan Purba Dasuha memiliki banyak sejarah yang cukup panjang, dan sebelum ada Purba Dasuha Boru Panogolan ini, telah ada Purba Dasuha, namun dalam kepengurusan tidak berjalan maksimal.

Hal iti disampaikan Sadarita Purba Dasuha SE, ketua terpilih Dewan Pimpinan Wilaya  Ikatan Keluarga Besar Purba Dasuha Boru Panogolan (DPW IKBPD-BP) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), periode 2019 – 2023, di lapangan sepak bola Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Sabtu (19/10/2019) sore lalu.

Sadarita juga mengatakan, dalam kepengurusan Purba Dasuha Boru Panogolan ini, telah memiliki koperasi yang beranggotakan sekitar 600 orang dari seluruh kecamatan yang ada di Sergai.

Mari kita kembangkan dan kita majukan bersama - sama, dan melalui koperasi ini, kita Purba Dasuha, bisa semakin maju dan besar di Sergai, khususnya Indonesia, bahkan mendunia, kata Sadarita.

Sementara, Bupati Sergai, Soekirman mengatakan, adat dan budaya, khususnya Simalungun, merupakan salah satu dasar, tanah, bumi tempat kita berpijak.

Jika budayanya bagus, maka akan tumbuh pohon-pohon yang bagus di atasnya. Dan jika budaya ikatan keluarga besar  yang tergabung dalam IKBPD-PB ini bagus, maka orang-orang yang tumbuh di dalamnya akan bagus, karena pondasinya adalah budaya, katanya.

Apapun adanya kita, apapun suku kita, apapun agama kita, mari kita kembangkan budaya peninggalan nenek moyang kita. Walaupun kita berbeda agama, namun kita tetap satu wadah kesatuan yang terbingkai dalam NKRI, kata Soekirman.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.