HETANEWS

Ilham Habibie Siap Jika Diminta Jokowi Menjadi Menteri

Ilham Akbar Habibie. ©2019

 Jakarta, hetanews.com - Sejumlah nama sempat beredar sebagai calon menteri untuk pemerintah Joko Widodo alias Jokowi periode kedua. Padahal Jokowi belum membocorkan kandidat menteri yang akan mendampinginya dalam lima tahun ke depan.

Salah satu nama yang muncul adalah Ilham Akbar Habibie, putra sulung Presiden ketiga RI, BJ Habibie. Namanya digadang-gadang akan menjadi Menristekdikti.

Saat dikonfirmasi, Ilham mengaku siap jika memang diamanahkan sebagai menteri. "Amin, amin. Saya siap," ujar Ilham tegas usai menghadiri acara Orbit International Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Menurut Ilham, sejauh ini belum ada tanda-tanda dirinya akan diangkat menjadi menteri. Meski berharap, namun dia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi-Maruf.

"Namun ya belum dikontak. Tapi siap-siap saja. Dan ya apapun terjadi diterima dengan lapang dada dan senang hati," kata dia.

Ilham menegaskan, diangkat atau tidak menjadi menteri dalam kabinet Jokowi, dia akan tetap memajukan riset dan teknologi di Tanah Air. Menurut dia, meski menjadi menteri dia tetap berkeinginan membangun bangsa, sesuai yang diharapkan almarhum BJ Habibie.

"Saya kira terkait, tidak hanya jika menjadi menteri, ini menurut saya sebagai diri pribadi. Menurut saya riset dan teknologi ini meski lebih kelihatan dampaknya menurut saya. Jadi kita di Indonesia ini masih, kalau dibandingkan dengan standar dunia meskinya jauh lebih banyak kita lakukan riset sendiri, riset yang menghasilkan teknologi, yang digunakan di industri, yang memperkuat daya saing industri kita, ekonomi kita, itu penting sekali," kata dia.

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.