HETANEWS

Cerita Menteri Tjahjo yang Suka Gelagapan Saat Presiden Jokowi Mendadak Telepon

Mendagri Tjahjo Kumolo dan Mensos Agus Gumiwang. ©2019

 Jakarta, hetanews.com - Tjahjo Kumolo menceritakan pengalamannya selama lima tahun terakhir menjadi Menteri Dalam Negeri. Banyak suka dan duka yang dia rasakan.

Hal paling tak mengenakkan dirasa Tjahjo saat harus melapor pada Presiden Jokowi maupun Wapres JK bila ada kepala daerah tertangkap dalam operasi tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya paling sedih kalau harus menyampaikan ke Pak Wapres atau ke Pak Presiden kalau ada mitra kami kepala daerah yang terkena OTT KPK. 'Pak, saya mohon maaf pak'," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10).

Tjahjo mengakui suka gelagapan ketika ditelepon Jokowi-JK. Menurut dia, Jokowi memang sering menanyakan perkembangan program kerja serta berbagai persoalan dalam negeri lewat sambungan telepon.

"Kalau beliau telepon saya, itu pasti cukup gelagapan tuh. Apa nih yang akan ditanyakan, apa. (Telepon ) bisa pagi hari, bisa malam hari. Memang Pak Jokowi jarang panggil ke Istana, sering telepon menanyakan tugas, menanyakan masalah," ucapnya.

Tjahjo mengaku belum mendapat tawaran dari Jokowi soal menjadi menteri di kabinet jilid II. Namun apabila tidak mendapat tugas lagi, Tjahjo memilih menjadi seorang pengamat politik.

"Walaupun saya tidak punya pengalaman sebagai pengusaha, paling saya akan jadi pengamat politik saja, seandainya tidak mendapat tugas," kata dia.

Sebagai petugas partai, dia akan mematuhi setiap perintah yang diberikan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Meski nantinya tak lagi menjadi menteri, Tjahjo akan tetap membantu pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan.

"Ke depan saya dapat tugas atau tidak, saya akan bantu pemerintahan Pak Jokowi baik secara pribadi," ucapnya.

Seperti diketahui, Jokowi menyebut kabinet periode kedua pemerintahannya akan banyak diisi oleh wajah baru. Namun, dia mengaku tetap akan mempertahankan sejumlah menteri kabinet kerja periode 2014-2019.

Jokowi masih merahasiakan waktu pengumuman menteri. Menurutnya, bisa saja usai pelantikan atau satu dua hari setelahnya.

Sumber: merdeka.com  

Editor: suci.