HETANEWS

Grab dan PLN Kerja Sama Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Kerja sama Grab dan PLN mencakup beberapa lingkup di antaranya pengembangan teknis dan model bisnis kendaraan listrik di Indonesia. (Foto: Grab)

Jakarta, hetanews.com - Grab bekerja sama PLN (Persero) mengembangkan ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia. Kemitraan strategis ini mencakup Joint Planning Session (JPS), riset dan pengembangan model bisnis, serta pelaksanaan pilot project yang dapat meningkatkan pengalaman berkendara dengan EV.

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengemukakan, selaras dengan komitmen Grab yang disampaikan pada saat kunjungan SoftBank ke Indonesia, Grab berkomitmen mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui investasi sebesar 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp28 triliun untuk Indonesia.

"Kami percaya kendaraan listrik bisa menjadi pilihan bagi mitra pengemudi kami dan solusi jangka panjang bagi Indonesia, terutama untuk mengurangi polusi udara yang belakangan ini menjadi tantangan. Kami sangat senang bisa melanjutkan komitmen melalui kolaborasi dengan PT PLN dan tidak sabar untuk menghadirkan berbagai perkembangan positif bagi Indonesia,” ujarnya, dalam keterangan pers yang dilansir iNews.id, Kamis (17/10/2019).

Dia menuturkan riset dan pengembangan model bisnis untuk studi pasar serta pengembangan e-mobility, meliputi kendaraan mini scooter, motor listrik dan mobil listrik. Grab dan PLN juga akan melaksanakan pilot project untuk mengukur kelayakan dari inovasi yang akan dihadirkan dalam kerja sama ini.

Inisiatif tersebut akan dilaksanakan bertahap mulai dari kawasan Jabodetabek. Saat ini, Grab juga telah melakukan pilot project untuk kendaraan listrik roda dua dan roda empat yang memiliki charging station dari PLN. Khusus untuk roda empat, charging station dan supply listrik akan berasal dari PLN.

Grab juga akan menghadirkan GrabWheels yang merupakan layanan e-scooter listrik ramah lingkungan di kawasan kantor PLN bagi nasabah/pengunjung/karyawan yang ingin melakukan perjalanan jarak pendek.

Melanjutkan komitmen investasi SoftBank kepada Indonesia melalui Grab, Grab berupaya untuk menjadi penggerak ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui riset dan kolaborasi. Hal ini merupakan bagian dari dukungan Grab untuk mendorong digitalisasi di berbagai layanan penting dan proyek infrastruktur serta pembangunan kantor pusat Grab kedua di Indonesia.

Saat ini Grab mengoperasikan armada kendaraan hybrid dan EV terbesar di Asia Tenggara dan berkomitmen untuk memberikan manfaat EV kepada lebih banyak mitra pengemudi kami. Di Singapura, Grab telah memiliki armada kendaraan listrik dengan bermitra bersama Singapore Power (SP) Group yang akan menyediakan jaringan pengisian listrik cepat yang diharapkan dapat menghemat biaya mitra pengemudi.

Grab akan terus memberikan inovasi untuk memenuhi kebutuhan yang dapat memberikan dampak sosial bagi Indonesia. Grab sendiri telah berkontribusi sebesar 5,8 miliar dolar AS atau lebih dari Rp81,5 triliun terhadap perekonomian Asia Tenggara dalam 12 bulan terakhir (hingga Maret 2019).

Sumber: iNews

Editor: tom.