HETANEWS

Uni Eropa-Inggris Temui Titik Terang Kesepakatan Brexit

PM Inggris Boris Johnson pastikan kesepakatan baru mengenai Brexit dengan Uni Eropa. Foto: AFP.

Brussel, hetanews.com - Kesepakatan Brexit telah disepakati antara tim negosiasi Inggris dengan Uni Eropa. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan kesepakatan ini adil.

"Kami punya banyak kesepakatan baru yang dapat mengambil kembali kendali," tutur Johnson, dilansir dari BBC, Kamis, 17 Oktober 2019.

Baik Inggris maupun Uni Eropa telah berunding pada teks hukum kesepakatan. Namun, masih membutuhkan persetujuan dari parlemen Inggris dan Eropa.

Democratic Unionist Party mengatakan, mereka masih belum dapat mendukung kesepakatan ini. Partai Irlandia Utara juga sebelumnya merilis pernyataan yang mengatakan mereka juga belum bisa mendukung proposal.

 
Meski demikian, Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan kesepakatan ini sangat adil. "Ini perjanjian yang adil dan seimbang," terangnya.

 
Baik dia dan Johnson telah mendesak agar parlemen Uni Eropa dan Inggris mendukung kesepakatan tersebut.
 
Draf ini bisa dipaparkan di pertemuan Uni Eropa di Brussels, Belgia, pada 17 sampai 18 Oktober mendatang. Uni Eropa menetapkan tenggat bagi Inggris hingga 31 Oktober untuk memutuskan soal Brexit.

Sumber: medcom.id

Editor: tom.