HETANEWS

Jembatan Diterjang Banjir, Akses Jalan Siantar-Tanah Jawa Kembali Putus Total

Jembatan putus jadi tontonan warga.

Simalungun, hetanews.com - Pembangunan jembatan layang sementara yang merupakan jalan utama, penghubung kota Siantar menuju Tanah Jawa, kabupaten Simalungun yang dilakukan Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Utara, tampaknya sia – sia.

Masalahnya, jembatan tersebut kembali putus total dari dua arah, akibat diterjang luapan air sungai PTPN IV.

Sebelumnya, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Siantar Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut, telah membangun jembatan layang sementara untuk pengganti akses jalan utama yang rusak akibat longsor, pada bulan Maret 2019, lalu.

Jembatan itu berada dikebun sawit atau berada tepat di samping lokasi longsor, di desa Marubun Jaya, dusun Parbalokan, kecamatanTanah Jawa, kabupaten Simalungun.

Petugas kepolisian mengamankan daerah sekitar jembatan longsor, khususnya arus lalu lintas. 

Jembatan putus kembali akibat hujan deras yang melanda kabupaten Simalungun, mulai pagi hingga siang hari tadi, sehingga meluapnya air dari kawasan kebun PTPN 4 unit Marihat yang membuat jalan utama tersebut putus total yang berada d isebelah jalan alternative jembatan Bailey, ucap salah seorang warga, Kamis (17/10/2019).

“Ini terjadi akibat hujan deras dan luapan air dari kawasan PTPN 4 yang selama ini mengalir, melalui parit kecil di bawah jalan ini. Juga karena lambannya pihak Dinas PU Bina Marga Provsu dalam menangani perbaikan jalan ini. Sia-sia semua kerja Dinas PU selama ini, lihatlah tanah yang mereka timbun, sudah hanyut dibawa banjir,”ucap warga lagi.

Masih kata warga, bahwa tinggal jembatan bailley inilah harapan warga, sebab bila tidak cepat dikerjakan jalan utama ini, dan bagaimana nanti jika jembatan bailley ini juga hanyut diterjang banjir, jelas warga yang melintasi jalan ini yang rugi. Kami sangat berharap agar Gubsu, Edy Rahmayadi, segera menuntaskan jalan utama ini, ungkap warga.

Di lokasi, Kanit Lantas Polsek Tanah Jawa, Iptu J Silalahi dan personil Satlantas Polres Simalungun tampak melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalulintas dan mengalihkan arus lalulintas dari arah Siantar menuju Tanah Jawa, via  Pasar Baru, keluar Pondok Ladang. Dan dari arah Tanah Jawa via Saropo keluar ke Pasar Baru.

Penulis: tim. Editor: gun.