HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Kodim 0815 Mojokerto Gandeng DP2KBP2 Gelar KB Kesehatan

Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto saat memberikan sambutan sekaligus memberikan materi pada kegiatan KB Kesehatan, di Balai Desa Japan, Sooko, Mojokerto

Mojokerto, hetanews.com -  Program KB Kesehatan merupakan bentuk kepedulian TNI untuk membantu Pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan, dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), guna meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah khususnya wilayah Kabupaten Mojokerto.

Hal tersebut diungkapkan Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto, saat kegiatan KB Kesehatan di Balai Desa Japan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (16/10/2019).   

Kegiatan KB Kesehatan Kerja Sama Kodim 0815 Mojokerto dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto kali ini mengusung tema   “Melalui Kegiatan KB Kesehatan kita wujudkan Sinergitas Antara TNI, Pemerintah dan BBKBN Dalam Usaha Meningkatkan Keikutsertaan Masyarakat Guna Membentuk Keluarga Yang Berkualitas, Sehat dan Sejahtera”.

Masih dalam kegiatan tersebut, Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto, juga menyampaikan materi bertajuk Membentuk Keluarga Berkualitas  Dalam Membantu Pertahanan Negara Di Era Persaingan Global”, diantaranya menjelaskan, Program KB Kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI khususnya Kodim 0815 Mojokerto untuk membantu Pemerintah Daerah dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya ikut berperan aktif dalam kegiatan program KB Kesehatan dan menangani permasalahan kependudukan.

Masih papar Danramil, sasaran yang ingin dicapai dalam KB Kesehatan ini, diantaranya menurunkan dan mengendalikan angka kelahiran, terlaksananya pelayanan KB, pelayanan kesehatan reproduksi, kesehatan reproduksi remaja serta kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak.  “Meningkatnya pembinaan peserta KB aktif dan akseptor baru terutama pada pasangan usia subur (PUS), juga menjadi sasaran dalam kegiatan ini,” terangnya.

Lebih jauh dipaparkan, ketahanan keluarga dalam menghadapi era persaingan global sangat dibutuhkan dan menjadi suatu keharusan guna mewujudkan ketahanan nasional, terlebih di era globalisasi dengan segala potensi ancamannya yang mendorong kita harus mampu untuk bersaing.

Ditegaskannya, kunci sukses untuk menjamin terwujudnya keluarga dan masyarakat yang berkualitas, salah satunya melalui keikutsertaan dalam program KB yang mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Program KB Kesehatan pada hakikatnya bertujuan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung yang disiapkan oleh Pemerintah maupun yang sudah disediakan oleh alam,” tutupnya. 

Selain Danramil 0815/03 Sooko, pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas P2KBP2 Kabupaten Mojokerto diwakili Kabid KB, Drs. Abdul Kholiq N, MM., juga menyampaikan tentang Program KB di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Hadir dalam kegiatan antara lain, Pasi Bhakti TNI Ster Rem 082/CPYJ Mayor Inf I Komang Dharma Laksamana, ST., Pasiter Kodim 0815 Kapten Inf Herman Hidayat, Perwakilan Pengurus Persit KCK Cabang XXX Dim 0815, PLKB dan Perwakilan Kader KB se-Kecamatan Sooko.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: anto.