HETANEWS

Densus Sita Bubuk Pembuat Bom Sampai Buku Jihad di Bekasi

Bekasi, hetanews.com - Anggota Densus 88 Antiteror Polri menangkap Adnan alias Aulia alias Gondrong dari rumahnya sekaligus tempat usaha ikan hias di Jalan Raya Papan Mas RT 07 RW 04 Desa Setiamekar, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (16/10) malam.

Wakapolres Metro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan mengatakan, hasil penggeledahan di tempat Adnan ditemukan sejumlah barang bukti yang diduga berkaitan dengan aksi terorisme.

"Sudah dilakukan penggeledahan di seluruh ruangan oleh densus dan penjinak bom, ditemukan dua switching (pemicu bom), kemudian ada bubuk-bubuk flash powder, termasuk ditemukan buku kaitannya dengan jihad," katanya, Kamis (17/10).

Adnan dikenal oleh warga sebagai penjual ikan hias. Polisi menduga usaha itu hanya sebuah kedok. Sebab, berdasarkan fakta di lapangan, toko sekaligus rumah untuk usaha jualan ikan hias di pinggir jalan utama perumahan sepi.

"Dimungkinkan seperti itu (hanya kedok) kalau melihat fakta bahwa hari-hari juga sepi," kata dia.

Adapun keterlibatan Adnan dalam kasus terorisme, polisi menyebut dia berbaiat kepada Amirul Mukminin Besar Abu Bakar Al Baghdadi (pimpinan ISIS), merakit rangkaian ponsel untuk switching bom.

Adnan juga disebut mengikuti Idad pada bulan Juni 2019 di Air Terjun Batu Putu Lampung dan melakukan uji coba meledakkan mesiu dengan pemicu bom dari ponsel rakitannya. Membeli KNO3 dan Nitrogliserin sebagai bahan peledak.

Adnan juga disebut berniat hijrah atau melakukan aksi bom bunuh diri dengan target tempat hiburan, atau event-event besar di Lampung.

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.