HETANEWS

Walikota dapat Rekom dari KASN, Jabatan Sekda di Kembalikan ke Budi Utari?

Walikota Hefriansyah

Siantar, hetanews.com - Beredar informasi Komisi Aparatur Sipil Negara [KASN] mengeluarkan rekomendasi terkait pencopotan Budi Utari dari jabatan Sekda oleh Walikota Hefriansyah. Surat  KASN merekomendasikan agar Walikota mengembalikan Budi ke jabatan Sekda.

Informasi yang dihimpun, Rabu (16/10/2019), ada 3 poin yang disampaikan dalam surat rekomendasi KASN. Pertama meninjau kembali SK Walikota tertanggal 24 September 2019 tentang penjatuhan hukuman disiplin berupa pembebasan dari jabatan  Sekda.

Kedua, mengembalikan Budi Utari ke jabatan Sekda karena prosedur pemberhentiannya tidak sesuai dengan PP No 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS dan peraturan kepala BKN No 21 Tahun 2010 tentang ketentuan pelaksanaan PP No 53 Tahun 2010.

Ketiga, melakukan pemeriksaan terhadap Budi Utari apabila diduga melakukan pelanggaran disiplin dengan mengacu PP No 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS. 

Tidak itu saja, KASN memberi batas waktu 14 hari untuk melanjutkan surat rekomendasi tersebut. "Kami mengharapkan agar dapat segera dilaksanakan paling lama selama 14 hari setelah surat ini diterima, dan dilaporkan tindak lanjutnya kepada KASN," seperti yang dikutip dalam surati

Terkait dengan adanya surat rekomendasi, Budi Utari juga dikabarkan akan kembali memasuki ruang kerjanya, Rabu pagi tadi. Hingga siang pukul 11.30 WIB, Budi tak kunjung datang. 

Mengenai Surat KASN, Pemerintah Kota Pematangsiantar belum menerima salinan surat KASN tersebut. "Belum ada kami terima suratnya, jadi saya belum bisa bilang apa-apa," kata Plt Kepala BKD Siantar, Zainal Siahaan.

Baca juga: Terkait Pencopotan Sekda, Walikota Hefriansyah Benarkan Kedatangan KASN

Penulis: gee. Editor: edo.