HETANEWS

16 Calon Petahana Tumbang pada Pilkades Serentak di Humbang Hasundutan

Suasana Pilkades di Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung, Humbahas, Senin (14/10/2019). (Foto : Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Sebanyak 16 calon kepala desa (Calkades) incumbent atau petahana, yang berasal dari berbagai desa yang tersebar di daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), harus mengakui keunggulan sang  rival, di perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Senin (14/10/2019), lalu.

Sesuai data yang dihimpun dari Kadis BPMDP2A Humbahas, Elson Sihotang, Rabu (16/10/2019), dari 16 calon petahana yang tumbang itu, 3 diantaranya berasal dari Kecamatan Paranginan, yakni Desa Lumban Sialaman, Desa Lumban Barat, dan Desa Lobu Tolong.

Dari Kecamatan Doloksanggul ada 3 Desa, yakni Desa Pariksinomba, Desa Purba Manalu, dan Desa Bona Ni Onan.

4 desa dengan calon petahana yang kalah disumbang dari Kecamatan Parlilitan. Ke 4 desa itu adalah Desa Sionom Hudon Tonga, Desa Sionom Hudon Utara, Desa Sionom Hudon Timur, dan Desa Sionom Hudon Toruan.

Sedangkan dari Kecamatan Pakkat ada 2 desa, yakni Desa Pulo Godang dan Desa Sijarango I.

Di Kecamatan Onan Ganjang dengan calon incumbent yang kalah hanya 1 desa, yakni Desa Sampe Tua.

Dari Kecamatan Pollung sendiri, ada 3 desa yang mengalami nasib serupa, yakni Desa Pollung, Desa Riaria, dan Desa Aek Nauli I.

Dari hasil itu, maka dapat disimpulkan  jika calon petahana yang kalah jumlahnya lebih banyak dari calon petahana yang menang. Diketahui, calon petahana yang menang untuk saat ini ada 15 orang.

"Namun perlu kita garis bawahi, hasil tersebut sifatnya masih sementara. Itu masih hanya berdasarkan hasil hitung di desa setempat,"ujar Elson.

Di sambung Elson, Pilkades serentak di Kabupaten Humbahas melibatkan 40 desa sebagai peserta.

Sebanyak 31 desa masih mencalonkan Kepala Desa yang sebelumnya menjabat (Petahana), sedangkan 9 desa lainnya nihil calon petahana.

Penulis: rachmat. Editor: gun.