HETANEWS

Tangkap Pelaku Penembakan Masjid Selandia Baru, 2 Polisi Dapat Penghargaan dari PM Ardern

Polisi yang menangkap Brenton Tarrant diganjar penghargaan keberanian oleh PM Selandia Baru Jacinda Ardern

Selandia Baru, hetanews.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memberi penghargaan kepada dua polisi yang menangkap pelaku penembakan dua masjid di Christchurch, Brenton Tarrant, pada 15 Maret lalu.

Penembakan di Masjid Islamic Center dan An Nur saat pelaksanaan Salat Jumat itu menewaskan 51 orang dan melukai 49 lainnya.

Penghargaan medali keberanian diberikan kepada dua polisi dalam upacara tertutup pada Rabu (16/10/2019).

Kepolisian menyembunyikan identitas dua polisi penerima penghargaan atas perintah pengadilan sambil menunggu persidangan.

Polisi tersebut mengatakan mereka bagian dari operasi besar yang berhasil menangkap pelaku. Dengan rendah hati, mereka mengungkapkan bahwa ini merupakan hasil kerja besar seluruh anggota kepolisian.

"Dalam melakukan pekerjaan, kami mewakili semua polisi di seluruh Selandia Baru yang menempatkan diri mereka dalam bahaya setiap hari," kata mereka, dalam pernyataan yang dikeluarkan kepolisian, seperti dikutip dari Reuters.

Tarrant ditangkap oleh polisi saat menuju masjid ketiga untuk kembali beraksi. Mereka menghadang mobil yang digunakan Tarrant lalu membekuknya.

"Semua petugas bertanya-tanya bagaimana mereka akan merespons ketika harus mengambil keputusan sepersekian detik untuk mempertaruhkan nyawa," kata Chris Cahill, presiden Asosiasi Kepolisian Selandia Baru, dalam pernyataan.

Dua polisi tersebut, kata Cahill, telah menjawab pertanyaan itu dengan meresponsnya dengan keberanian luar biasa, melindungi nyawa lebih banyak orang lain dari bahaya lebih lanjut.

Tarrant saat ini ditahan di penjara dengan tingkat keamanan maksimum di Auckland. Dia didakwa dengan 92 tuduhan pembunuhan dan percobaan pembunuhan, namun menyatakan tak bersalah.

sumber: inews.id

Editor: sella.