HETANEWS

BI: Pertumbuhan Kredit Baru Bakal Meningkat pada Akhir Tahun

Bank Indonesia

Jakarta, hetanews.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, kredit baru pada kuartal III-2019 tumbuh melambat dibandingkan kuartal sebelumnya. Namun, kredit akan meningkat pada kuartal IV-2019.

Perlambatan kredit baru sepanjang Juli-September 2019 tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru sebesar 68,3 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan kuartal II-2019 yang sebesar 78,3 persen.

"Sementara itu, pada kuartal IV-2019, pertumbuhan kredit baru diperkirakan meningkat, didorong oleh optimisme terhadap kondisi moneter dan ekonomi yang menguat dan risiko penyaluran kredit yang relatif terjaga," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko, Rabu (16/10/2019).

Menurut BI, meningkatnya kredit baru pada akhir tahun sejalan dengan kebijakan penyaluran kredit yang diperkirakan lebih longgar. Indikasi tersebut terlihat dari Index Lending Standard (ILS) sebesar 11,8 persen, lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 12 persen.

Pelonggaran tersebut, kata Onny, akan terjadi pada kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA), kredit investasi, dan kredit UMKM. Aspek pelonggaran kebijakan ini di antaranya plafon kredit, suku bunga, dan agunan.

Bank sentral memperkirakan pertumbuhan kredit 2019 sebesar 9,7 persen. Perkiraan itu lebih lambat daripada realisasi 2018 yang tumbuh 12,1 persen.

sumber: inews.id

Editor: sella.