HETANEWS

Rektor UIN Segera Proses Pemberhentian UAS

Rektor UIN Suska Akhmad Mujahidin

Pekanbaru, hetanews.com - Pihak Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) segera memproses surat pengunduran diri Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS). Pemberhentian UAS sebagai PNS cukup di tangan Rektor UIN.

"Kita akan segera proses surat pengunduran dirinya. Karena syarat formilnya sudah terpenuhi. Ya (sarat formil) sesuai aturan salah satunya ya itu," kata Rektor UIN Prof DR Akhmad Mujahidin kepada detikcom, Rabu (16/10/2019)

Akhmad menjelaskan surat pengunduran diri UAS diterimanya pada 8 Oktober 2019. Namun surat pengunduran diri UAS tertanggal 24 Juli 2019. Surat pengunduran selembar kertas yang diteken di atas materai Rp 6.000.

"Surat itu baru sampai ke saya tiga hari lalu. Tetapi dalam suratnya UAS tertanggal 24 Juli. Jadi jangka waktu yang lama juga baru sampai ke saya" katanya.

Dia menjelaskan, pihak Kampus UIN telah menyampaikan ke Sekjen Kemenag tentang surat pengunduran diri tersebut. "Saya koordinasi kepada Sekjen Kemenag, saya sampaikan ini ada surat pengunduran diri UAS. Kata Sekjen, diproses saja," kata Akhmad.

Untuk memberhentikan UAS sebagai PNS, katanya, tidak perlu sampai ke Sekjen Kemenag. Pemberhentian UAS cukup sampai di tangan Rektor.

"UAS inikan golongannya cuma 3D. Jadi sesuai aturan untuk pemberhentian PNS pada golongan itu cukup di Rektor saja. Tapi kalau golongannya sudah 4, nah ini menjadi kewenangan Sekjen Kemenag," katanya.

Akhmad menyebutkan pemberhentian UAS sebagai dosen berstatus PNS saat ini lagi diproses di UIN Pekanbaru. Hanya saja kapan pemberhentian UAS belum dapat dipastikan.

"Ya masih dalam proses (pemberhentian). Kan suratnya baru tiga hari sampai ke tangan saya. Tapi secepatnya kita proses," tutup Akhmad.

Sumber: detiknews.com 

Editor: suci.