HETANEWS

250 Bibit Pohon Aren Ditanam saat Launching Penanaman Sejuta Pohon di Area Otorita Danau Toba

Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, ketika menanam bibit pohon mangga, di komplek Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Selasa (15/10/2019). (foto/hza)

Siantar, hetanews.com - Selain menjaga keamanan wilayah hukumnya, Kapolres Kota Pematangsiantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, bersama personilnya, punya tugas lain, yaitu program menanam satu juta pohon.

Hal itu dilakukan Kapolres, pada saat launching penanaman sejuta pohon, di Area Otorita Danau Toba dan sekitarnya, Selasa (15/10/2019), yang berlangsung di kompleks Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, tepatnya di pinggiran bantaran Sungai Bah Bolon.

Selain Kapolres, turut hadir Wali Kota Siantar, Hefriansyah Noor, Danrindam 1/I BB, diwakili oleh Kasiter, Mayor Inf Legimin, Danki Brimob Subden 2B, AKP M Kadoli dan terakhir Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Prof Dr. Sanggam Siahaan.

Dalam kegiatan tersebut, berbagai macam bibit pohon ditanam, mulai rambutan 1000 batang, bibit petai 500 batang, jengkol sebanyak 500 batang, bibit pohon aren 250 batang, bibit pohon alpokat 250 batang, bibit sirsak 500 batang, bibit pohon ketapang mini 1000 batang, dan bibit pohon durian 1000 batang.

"Hari ini, total ada 5000 bibit batang pohon yang kita tanam," ujar AKBP Budi Pardamean.

Mantan Kapolres Jembrana ini menambahkan, dengan adanya penanaman sejuta pohon, diharapkan masyarakat tidak lagi melakukan penebangan liar di  hutan kawasan Danau Toba.

"Program tanam pohon ini, juga agar terjalin sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif,"katanya.

Selain itu, dua menyampaikan, penanam bibit pohon tersebut, dilakukan untuk penghijauan dan nantinya bisa bermanfaat di jauh hari dan dirasakan anak cucu kelak.

Selain kegiatan penanaman pohon ini, Polres Siantar juga membuka pelayanan kesehatan dan siapa saja masyarakat tidak mampu akan mendapat pengobatan dan akan mendapat bantuan yang jumlahnya tidak dibatasi.

"Selama kami masih mampu, akan kami berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,"tutupnya.

Penulis: hza. Editor: gun.