HETANEWS

Yang Perlu Diketahui Bila Keluarga Anda Suka Minum Kopi Instan

plus minus kopi instan untuk kesehatan keluarga

Jakarta, hetanews.com - Menyajikan kopi instan untuk keluarga memang praktis. Tinggal tuang bubuk kopinya, seduh, aduk rata dan kopi pun jadi. Apakah keluarga Anda termasuk yang suka menikmatinya, Moms?

Bila ya, Anda perlu tahu bahwa kopi instan memiliki beberapa manfaat dan juga beberapa dampak negatif bagi kesehatan.

Berikut kumparanMOM merangkum plus minus konsumsi kopi instan dari berbagai sumber untuk Anda:

kafein bisa membuat anggota keluarga Anda alami gangguan tidur, Moms

Plus 1#: Mengandung antioksidan

Meski lebih terkonsentrasi, kopi instan ternyata masing mengandung antioksidan yang kuat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebuah studi mengungkap bahwa produk tersebut bahkan dapat memberikan antioksidan lebih banyak dibandingkan minuman lainnya yang diseduh. Para peneliti dalam riset itu mengimbuhkan, dalam satu cangkir kopi instan, terdapat kandungan kalium, magnesium, dan vitamin B3 serta 7 kalori.

Plus 2#: Mengandung lebih sedikit kafein

Konsumsi kafein dalam jumlah tinggi selalu dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan. Anggota keluarga yang menikmatinya bisa saja mengalami gangguan tidur, gelisah, sakit perut, tremor dan perubahan detak jantung akibat kafein.

Nah, kopi instan ini bisa dijadikan sebagai alternatif yang baik untuk orang yang ingin mengurangi asupan kafeinnya. Menurut Healthline, satu sendok teh kopi instan hanya mengandung 30 hingga 90 mg kafein, sedangkan kandungan kafein dalam kopi biasa bisa mencapai 70 hingga 140 mg.

ilustrasi menyeduh kopi instan untuk keluarga

Minus 1#: Mengandung lebih banyak akrilamida

Akrilamida merupakan bahan kimia yang dapat merusak sistem saraf dan meningkatkan risiko kanker. Bahan kimia ini muncul ketika biji kopi dipanggang.

Dibandingkan pada kopi biasa, terdapat akrilamida yang jumlahnya dua kali lebih banyak pada kopi instan. Namun begitu, jumlah bahan kimia dalam kopi instan masih berada dalam batas aman, yang berarti Anda bisa menikmatinya tanpa perlu terlalu khawatir.

Ilustrasi bubuk kopi instan

Minus 2#: Kurang kafein, lebih sedikit manfaat

Kafein memiliki beberapa efek buruk tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Dengan jumlah yang tepat, kafein bisa membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak, dan mengurangi risiko penyakit lever atau hati.

Namun seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kopi instan memiliki jumlah kafein yang lebih rendah, jadi efek baik yang didapatkan tentunya akan lebih rendah.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.