HETANEWS

Perempuan 75 Tahun Ini Akhirnya Lahirkan Bayi

Perempuan India melahirkan bayi di usia 75 tahun melalui program IVF

India, hetanews.com - Keinginan kuat untuk memiliki anak akhirnya bisa diwujudkan perempuan berusia 75 tahun di India. Puluhan tahun menikah dia tak kunjung dikaruniai anak kandung, melainkan anak angkat.

Perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu melahirkan bayi perempuan di daerah Kota, Negara Bagian Rajasthan, pada Sabtu (12/10/2019) malam melalui program bayi tabung atau dalam istilah medisnya dikenal dengan in fitro vertilization (IVF).

Senin (14/10/2019), bayi lahir prematur melalui operasi Caesar dengan berat hanya 600 gram. Karena membutuhkan penanganan serius, bayi tersebut dirawat di newborn intensive care unit (NICU) rumah sakit berbeda yakni di RS Kinkar, masih di daerah Kota.

Tim khusus dari dokter anak dikerahkan untuk memantau terus perkembangan bayi perempuan tersebut.

Sementara itu sang ibu sebenarnya sudah punya anak angkat, namun dia berkeinginan kuat memiliki darah daging sendiri. Setelah berkonsultasi dengan dokter, akhirnya dia disarankan menjalani program bayi tabung.

Seorang dokter rumah sakit swasta yang menangani perempuan itu, Abhilasha Kinkar, mengatakan, prosedur IVF berjalan sesuai rencana. Namun tim menghadapi kendala dalam melakukan operasi karena usia perempuan itu yang sudah lanjut dan lemah. Selain itu, pasien hanya memiliki satu paru-paru, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi tim medis.

Akhirnya bayi itu harus dilahirkan prematur melalui operasi Caesar di usia kehamilan 6,5 bulan.

Kinkar menyebut perempuan itu berasal dari keluarga petani yang tinggal di perdesaan. Keinginan kuat untuk memiliki anak yang mendorong pertugas medis untuk membantunya sebisa mungkin meski banyak keterbatasan.

sumber: inews.id

Editor: sella.