HETANEWS

Andalkan Nomor Pool, Biliar Targetkan 3 Emas di SEA Games 2019

Antara/Wahyu Putro A pebiliar Indonesia Bewi Simanjuntak saat berlaga di SEA Games 2017 Malaysia

Jakarta, hetanews.com - Meski baru memulai latihan sejak awal Oktober, tim biliar Indonesia yakin bisa berbicara banyak di SEA Games 2019 Filipina, 30 November-11 Desember.

Hal itu disampaikan oleh Pelatih biliar, Edy Hartono usai pelantikan Harry Tanoesoedibjo sebagai Ketua Umum baru Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Indonesia (PB POBSI), di MNC Conference Hall, Jakarta, Senin (14/10).

Menurutnya, meski baru berkumpul sebentar, skuatnya telah memberikan pencapaian signifikan dalam latihan. Suasana di pelatnas juga sangat menggembirakan.

“Tersisa satu bulan setengah untuk menyiapkan skuat terbaik yang kami punya. Mudah-mudahan, prestasi nanti yang kami capai bisa mengembalikan budaya emas di SEA Games 2019,” tutur Edy.

Ia pun ditargetkan oleh sang Ketua Umum baru untuk meraih tiga medali emas di Manila. Edy melihat peluang anak asuhnya untuk bisa memberikan penampilan terbaik di Filipina cukup terbuka, khususnya di kelas pool, baik nomor putra atau putri.

“Di dalam latihan saya selalu memberikan masukan pada atlet, agar anak Indonesia harus berani di manapun mereka berada,” tutur Edy.

“Saat bermain di Filipina (SEA Games), kami bertumpu di nomor-nomor pool. Tapi, takmenutup kemungkinan untuk berbicara di nomor lain, semisal snooker, atau English biliar,” tambahnya.

Edy akan mengandalkan nomor pool tunggal putra, putri, dan nomor ganda untuk mencapai target yang telah diusung.

Salah satu atlet pool putra, Jefry Zen, mengaku persiapannya telah matang meski baru latihan dua minggu. Hal ini dikarenakan dirinya dan tim langsung melatih strategi khusus dalam latihan.

“Di tambah lagi kami punya tempat pelatnas yang mewah dari sebelumnya, dan itu menambah semangat untuk tampil di SEA Games nanti,” tuturnya.

Zen sendiri akan menjadi andalan biliar dalam meraih target emas di nomor pool tunggal putra dan ganda putra. Di nomor ganda Zen akan berpasangan dengan atlet asal Jawa Barat, Irsal Nasution.

Zen mengaku pesaing terkuatnya di SEA Games kali ini ialah tuan rumah sendiri. Soalnya, tim biliar Filipina berisikan pebiliar sekaliber dunia, seperti Rubilien Amit.

“Belum lagi mereka (Filipina) tuan rumah. Tapi, saya pribadi targetnya final, dan saya akan berusaha siap dalam keadaan apapun,” tutur peraih medali perunggu di SEA Games 2017 Malaysia itu.

Rencananya, skuat biliar Indonesia akan melaksanakan Training Camp (TC) di Filipina selama satu bulan penuh pada pada 15 Oktober. Namun, keberangkatan tim masih tergantung persetujuan Sekretariat Negara (Setneg).

Sumber: Media Indonesia

Editor: tom.