HETANEWS

Terlibat Curat, Dua Terdakwa Anak Divonis 2 Bulan Penjara

Kedua terdakwa saat mau masuk ke ruang sel tahanan. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Majelis hakim akhirnya memvonis dua terdakwa anak, masing - masing 2 bulan penjara, di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Senin (14/10/2019), sekira pukul 14.30 WIB.

Kedua terdakwa anak itu, berinisial BS (17), warga Jalan Kesatria, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, dan FS (16), warga Jalan Bahalak II, Kecamatan Bah Jambi, Kabupaten Simalungun ini, terbukti melakukan pencurian dalam keadaan memberatkan (Curat). 

Majelis hakim tunggal yang dipimpin oleh Rahmad, menyatakan kedua terdakwa terbukti melakukan tindak pidana, sebagaimana diatur dalam pasal 363 ayat (1), ke-3, ke-4, ke-5 KUHPidana Jo UU RI nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.  

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa anak BS dan FS masing - masing selama dua bulan penjara, dikurangi selama berada dalam tahanan sementara, dengan perintah anak tetap ditahan,"ungkap majelis hakim, Rahmad, di ruang sidang anak. 

Setelah mendengar vonis itu, terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya, Erwin Purba, meminta kepada majelis hakim untuk lakukan pikir - pikir selama 7 hari. 

Dalam pemberitaan sebelumnya, awalnya terdakwa anak, BS mengajak FS untuk melakukan pembongkaran rumah yang berada di Jalan Renville Siantar.

Kemudian, mereka berdua pergi ke rumah yang berada di Jalan Renville itu, yang diketahui milik saksi, Riswana Tobing. 

Setelah sampai ditempat tujuan, BS mengatakan, “apakah pemilik rumah sudah tidur?” Karena mengetahui pemilik rumah sudah tidur, BS pun mencongkel pintu rumah dengan menggunakan obeng hingga rusak. 

Kemudian, terdakwa FS masuk ke dalam rumah, sedangkan BS memantau situasi di luar rumah. Kemudian BS mengambil 1 buah televisi merk toshiba, 1 buah gitar merk yamaha, 1 unit receiver, dan 2 buah jam tangan. 

Akibat ulah kedua terdakwa, saksi korban, Riswan Tobing, mengalami kerugian sekitar Rp 5 juta.

Penulis: res. Editor: gun.