HETANEWS

Setelah Buron 40 Hari, Kardo Diadili Kasus Penipuan

Terdakwa Kardo saat digiring petugas dan istrinya (crop) saat diserahkan ke Lapas. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Ricardo Simanjuntak alias Kardo (47), yang sempat dinyatakan DPO (daftar pencarian orang) berhasil ditangkap jaksa di Jalan Subrantas, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Terdakwa pun ditahan dan kembali menjalani proses persidangan, Senin (14/10/2019) di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun.      

Agenda persidangan pembacaan dakwaan dan mendengar sejumlah keterangan saksi, yang sebelumnya sudah didengar keterangannya. "Para saksi kembali dihadirkan, karena si terdakwa ini mencoba kabur. Lebih dari 40 hari berhasil ditangkap, jadi jangan coba-coba menguji negara ya," kata Justiar Ronald SH, salah satu hakim anggota.       

Sebelumnya, Kardo berstatus tahanan rumah karena kasus penipuan, tapi melarikan diri saat proses persidangan berlangsung. Terdakwa ditangkap di Bengkalis dan kini kembali diproses untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.      

Sedangkan istrinya, Monita Siska Suherli Pulungan alias Mak Dita (37) yang juga menjadi buronan sudah ditangkap pada saat suaminya disidangkan. Mak Dita, dibawa petugas ke Lapas Klas IIA Siantar, sebagai titipan jaksa.           

Pasutri ini kabur saat proses hukum berlangsung di persidangan. Keduanya diduga melakukan penipuan terhadap saksi korban, Dr. Kristin Riviera Mart Nahampun MM sebanyak Rp 235 juta ini. Jaksa Barry Sugiarto Sihombing SH, menjerat keduanya dengan pasal 372 ataupun pasal 378 Jo pasal 55 (1) ke-1 KUH-Pidana.

Penulis: ay. Editor: gun.