HETANEWS

Pertama Kalinya, Spesies Ikan Kepala Ular Ditemukan di Georgia, AS

Spesies ikan kepala ular utara alias northern snakehead fish

Amerika serikat, hetanews.com Untuk pertama kalinya, ikan kepala ular utara (northern snakehead fish), spesies ikan invasif yang dapat bertahan hidup hingga empat hari di darat, ditemukan di Georgia, Amerika Serikat. Berdasarkan keterangan dari Divisi Sumber Daya Alam Liar (WRD) Departemen Sumber Daya Alam Georgia, ikan itu ditangkap di kolam milik salah seorang warga di Gwinnett County.

“Kami sekarang sedang mengambil langkah-langkah untuk menentukan apakah mereka telah menyebar dari kolam ini, dan mudah-mudahan tidak menyebar ke perairan Georgia lainnya,” ujar Matt Thomas, Kepala Perikanan WRD, seperti dikutip dari Newsweek.

Ikan kepala ular utara telah dilaporkan muncul di 14 negara bagian AS. Namun kemunculannya kali ini menjadi yang pertama yang dilaporkan di Georgia. Sebagai spesies invasif, ikan ini akan bersaing dan memangsa spesies ikan lain yang hidup di daerahnya.

Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan, ikan ini diatur langsung oleh pemerintah federal, diklasifikasikan sebagai satwa liar yang merugikan. Ini berarti, ikan tersebut tidak boleh diperjualbelikan dan dilarang untuk diimpor ataupun diekspor tanpa izin. Adapun terkait penemuan ikan kepala ular utara di Georgia, seseorang yang memilikinya seharusnya punya lisensi hewan liar yang sah untuk menjual, mengekspor, atau memelihara spesies ikan tersebut.

Video

Di sisi lain, menurut Badan Geologi Amerika Serikat, di beberapa daerah, ikan kepala ular ini diduga masih dijadikan hewan peliharaan. Namun, pemerintah dari beberapa negara bagian telah menerapkan aturan larangan memelihara ikan ini dan memberikan hukuman kepada siapa saja yang memilikinya.

Ikan kepala ular utara sendiri merupakan spesies yang cukup unik. Mereka menggunakan kantong udara sebagai semacam paru-paru sehingga memungkinkan mereka untuk bernapas dan bertahan hidup di darat selama empat hari. Bahkan jika mereka mengubur dirinya di lumpur, ikan ini bisa bertahan lebih lama.

Menurut Aquatic Nuisance Species Task Force, kemampuan ikan kepala ular untuk berpindah dari satu kubangan air ke kubangan lainnya memberi mereka keuntungan lebih ketimbang ikan-ikan lainnya.

Spesies ikan kepala ular utara alias northern snakehead fish

Sebelumnya, KDKA memberitakan, seekor ikan kepala ular utara pernah ditangkap di Sungai Monongahela di Pennsylvania. Komisi Ikan dan Kapal Pennsylvania baru menerima laporan keberadaan ikan itu pada 27 September 2019. Padahal ikan kepala ular utara sendiri diketahui telah ada di perairan Pennsylvania sejak 2004 lalu.

Sementara itu, WRD menegaskan, bagi siapa saja yang menangkap ikan kepala ular utara, maka ikan itu tidak boleh dilepasliarkan, melainkan harus dibunuh atau dibekukan. Selain itu, lokasi dan tempat penemuan ikan itu harus dilaporkan dan foto-fotonya harus dikirim ke kantor WRD.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.