HETANEWS

Satgas TMMD ke 106 Kodim 0204/DS Rangkul Polres Tebingtinggi Tingkatkan Kamtibmas

Suasana penyuluhan di Kantor Desa Baja Dolok, Kecamatan Sipipis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu malam (12/10/2019). (Foto/WH)

Sergai, hetanews.com - Program non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 tahun 2019, terus dilaksanakan disela-sela pengerjaan program fisik.

Yakni penyuluhan hukum dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) khususnya di Desa Baja Dolok, Kecamatan Sipipis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu malam (12/10/2019).

Hal itu disampaikan Dandim 0204/DS, Letkol Kav Syamsul Arifin, SE, M,Tr (Han), selaku Dansatgas TMMD ke 106 Kodim 0204/DS, melalui personil Satgas TMMD Bati Ter Kodim 0204/DS, Peltu Rospiandi.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Sipispis, Iptu Beringin Jaya menyebutkan, TMMD ke-106 Kodim 0204/DS  ini, merupakan salah satu operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu lintas sektoral, antara TNI dengan departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah, serta komponen bangsa lainnya, dan dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tertinggal, terpencil dan terisolasi.

Suasana penyuluhan di Kantor Desa Baja Dolok, Kecamatan Sipipis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu malam (12/10/2019). (Foto/WH)

Terkait dengan penyuluhan hukum dan Kamtibmas pada hari ini, Dansatgas TMMD Kodim 0204/DS. Letkol Kav Syamsul Arifin, berharap, agar masyarakat mengerti dan memahami tentang pentingnya peran hukum dan Kamtibmas, keamanan diri atau keluarga, serta lingkungan terhindar dari kejahatan atau dari tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, baik siang maupun malam hari. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali Siskamling ditiap-tiap dusun.

Itu semua dapat terjadi, akibat masih ada warga yang tidak memiliki kesadaran patuh dengan hukum dan masih terkontaminasi dengan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Seperti kasus pencurian, asusila, narkoba, ranmor, berjudi, perkelahian dan lainnya.

Untuk itu, dengan adanya penyuluhan yang dilaksanakan Satgas TMMD Kodim 0204/DS bersama Polres Sergai ini, masyarakat desa diajak agar ikut menjaga Kamtibmas.

Kegiatan ini, dihadiri Kapolsek Sipispis, Iptu Beringin Jaya yang juga sebagai narasumber, Kepala Desa Baja Dolok, Ardiansyah Saragih, Bati Ter Kodim 0204/DS, Peltu Rospiandi, Kanit Binmas, Aiptu Beni Panjaitan dan Babinkamtibmas jajaran Polsek Sipispis, para Kepala Dusun 1, Ibadi Solimin, Kadus 2, Pamawati Purba, Kadus 3, Syahrizal Girsang, Kadus 4, Poniman, Kadus 5, Evi Manda Sari, Kadus 6, Junaidi Damanik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh pemuda.

Penulis: wh. Editor: gun.