HETANEWS

Gubernur Edy Rahmayadi Janji Bantu Warga Sumut Korban Kerusuhan di Wamena

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting saat memberikan bantuan secara simbolis kepada korban kerusuhan di Wamena, Papua, di Kantor Gubernur Sumut

Medan, hetanews.com - Sebanyak 36 warga asal Sumatera Utara (Sumut) yang menjadi korban kerusuhan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua beberapa waktu lalu, tiba Kantor Gubenur Sumut, Rabu (9/10/2019) sore. Mereka kembali ke Sumut dengan menggunakan bus ALS.

Tiba di Kantor Gubernur, para warga menuju Aula Raja Inal Siregar untuk menggelar pertemuan dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Mereka selanjutnya diberangkatkan ke kota asal masing-masing.

Gubernur Edy Rahmayadi yang menyambut para warga asal Sumut itu mengucapkan selamat datang kembali. Dia menegaskan bahwa Pemprov Sumut akan memberikan bantuan semaksimal mungkin kepada para warga yang memilih kembali ke daerah asalnya.

“Kami akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota asal para warga kita ini untuk segera difasilitasi segala kebutuhannya,” kata Edy.

Edy juga meminta kepada para jajaran pemerintahan daerah untuk segera mendata kebutuhan para korban setiba di kampung halaman mereka. Pemerintah daerah diharapkan segera memberikan bantuan.

“Pastikan semua berjalan dengan baik. Cek kesehatan mereka, khususnya pendidikan anak-anak yang sempat putus sekolah,” kata Edy.

Dia mengatakan, hari ini total pengungsi yang sudah tiba di Sumut berjumlah 36 orang. Sementara itu, 264 lainnya saat ini sudah berangkat dengan menggunakan kapal laut dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Belawan 10 hari mendatang.

“Sementara itu, 133 lainnya memilih kembali ke Wamena dan sudah kami fasilitasi dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU,” ujar Edy.

Edy menjelaskan, jumlah warga asal Sumut yang berada di Wamena terdata sebanyak 651 orang. Sebagian besar memilih untuk keluar dari Wamena sembari melihat situasi kembali kondusif.

“Warga Sumut yang masih tinggal di Wamena tersebar di enam posko penampungan baik di Sentani dan Jayapura. Mereka masih terus dalam pemantauan kami,” kata Edy.

Sementara itu Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengapresiasi langkah Pemprov Sumut menangani warga yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua. “Kami apresiasi langkah Pemprov Sumut. Kami juga cukup bangga melihat respons cepat dari pemerintah,” ujar Baskami.

Sumber: inews.id

Editor: suci.