HETANEWS

Status Pelaksana Harian Habis, Kusdianto Jadi Penjabat Sekda?

Siantar, hetanews.com - Pemko Pematangsiantar melayangkan surat ke Gubernur Sumut. Surat tertanggal 30 September itu perihal pengangkatan status dari Plh menjadi Pj Sekda yang kini diemban oleh Kusdianto. 

Kusdianto diangkat sebagai Plh [pelaksana harian] Sekda oleh Walikota Hefriansyah pada Selasa 24 September 2019. Kadis Pariwisata Pematangsiantar itu dipilih setelah Hefriansyah mencopot Budi Utari dari jabatan Sekda.

Zainal Siahaan, selaku Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah [BKD] Pematangsiantar mengaku, sesuai ketentuan Perpers No: 3 Tahun 2018 tertuang Pasal 4, jabatan sebagai Plh Sekda yang diemban Kusdianto telah melebihi waktu.

Oleh karena itu, kata Zainal, Pemko Pematangsiantar telah menyurati Gubernur Sumatera utara, untuk mengangkat Kusdianto sebagai Penjabat [Pj] Sekda Siantar. 

"Oh iya, tanggal 30 September 2019 telah kita surati" ungkapnya, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Dicopot dari Jabatan Sekda, Budi Utari Surati Pimpinan DPRD

Menurut dia, jika surat yang dilayangkan ke Gubernur Sumut terhitung lebih 5 hari, meski diterima maupun ditolak, maka otomatis status Plh menjadi Pj Sekda.

"Sebenarnya ini secara otomatis, tapi kita tunggulah hasil dari Provinsi. Kan kita sudah mengusulkan" imbuhnya.

Pencopotan jabatan Budi Utari dari Sekda oleh Walikota Pematangsiantar itu berpotensi digugat ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara [PTTUN]. Meski begitu, Zainal menanggapi, itu merupakan hak seluruh ASN.

"Kita berharap hal ini disampaikan ke institusi pengaduan seperti KASN, dan PTTUN, bukan ke lembaga lainnya," pungkasnya.

Terkait pencopotan, beberapa waktu lalu KASN juga turun melakukan pengumpulan informasi ke beberapa dinas di Pemko Pematangsiantar.

Selain itu, dari informasi yang dihimpun dari beberapa sumber terpercaya, mantan Sekda Budi Utari mengajukan cuti setelah dicopot dari jabatan Sekda. 

Pun demikian, Pejabat Eselon II A itu belum diketahui apakah akan melakukan gugatan atas penonaktifan dirinya.

Baca juga: Sebelum Dicopot, Walikota Hefriansyah Minta Inspektorat Periksa Budi Utari

Penulis: gee. Editor: edo.