HETANEWS

BIN Deteksi Rencana Penyerangan saat Pelantikan Jokowi

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (ketiga kiri). Foto: Dhemas Reviyanto/Antara

Jakarta, hetanews.com - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan mendeteksi rencana penyerangan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Penyerangan itu berasal dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

 
"Kita sudah deteksi menjelang pelantikan memang ada rencana seperti itu dari JAD sehingga harus kita dengar dan waspada," kata Budi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.

 
Ia mengimbau masyarakat tetap waspada. Ia juga meminta warga melaporkan aktivitas yang mencurigakan di lingkungan sekitarnya.

"Memang cukup banyak mereka pergerakan sistem sel orang per orang, kelompok per kelompok, mohon bantuan seluruh warga bantu awasi kalau mencurigakan sampaikan juga ke aparat," kata Budi.

 
Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto diserang orang tak dikenal saat berada di alun-alun Menes Pandeglang, Banten, Kamis, 10 Oktober 2019, sekitar pukul 11.30 WIB. Seseorang berpakaian hitam itu tiba-tiba merangsek pengamanan tak lama setelah Wiranto keluar dari mobil dinasnya.

 
Wiranto yang saat itu baru keluar dari mobil untuk bersalaman dengan warga, langsung terjengkang. Pelaku penyerangan diketahui bernama Syahrial Alamsyah alias Abu Rara dan seorang perempuan Fitri Andriana. Keduanya diidentifikasi berasal dari jaringan JAD Bekasi.

Sumber: medcom.id

Editor: tom.