HETANEWS

Gerindra Masuk Kabinet, Pengamat: Koalisi Jokowi Akan Rapuh

Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )

Jakarta, hetanews.com - Rencana Gerindra untuk bergabung ke dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dianggap bisa mempengaruhi soliditas koalisi Jokowi.

Pengamat Politik dari LIPI Syamsuddin Haris mengatakan, keberadaan partai Gerindra dalam kabinet akan memberi dampak psikologis bagi anggota koalisi sehingga akan rapuh.

"Konsolidasi koalisi pendukung Jokowi sangat penting, jangan sampai koalisi pendukung Jokowi tidak solid akibat ada pihak lain yang semula menjadi lawan politik ikut masuk dalam kabinet," kata Syamsuddin kepada Beritasatu News Channel di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Syamsuddin memprediksi akan sangat sulit bagi anggota koalisi Jokowi untuk menerima dan bekerjasama dengan lawan politik yang sering menyerang kebijakan Jokowi.

"Suasana (koalisi) akan tidak enak kalau musuh politik yang begitu tajam mengkritisi kebijakan-kebijakan pak Jokowi kemudian ambil bagian di dalamnya, itu tidak bagus," imbuh Syamsuddin.

Sumber: BERITA SATU

Editor: tom.