HETANEWS

Menteri Susi Usul Ada Tol Laut ke Luar Negeri

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ( Foto: Berita Satu )

Jakarta, hetanews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengusulkan adanya tol laut langsung ke luar negeri dari sentra produksi perikanan di Indonesia, sehingga biaya transportasi produksi perikanan untuk ekspor bisa lebih efisien.

"Kenapa tol laut harus di dalam negeri saja, kenapa tidak ada tol laut ke luar negeri?" ujar Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

Susi mencontohkan produk perikanan dari Natuna banyak yang dikirim dalam bentuk beku sehingga harganya tidak sebesar kalau ikan tersebut masih segar.

Beberapa contoh nyata dari rute transportasi tol laut yang belum efektif, ujar Susi, misalnya ekspor gurita dari Natuna beberapa waktu lalu. Produk gurita sebanyak satu kontainer itu mesti lewat Jakarta dulu, sebelum diekspor ke luar negeri.

"Kenapa tidak langsung Natuna - Singapura atau Natuna - Batam, jadi turun ke bawah dulu, jadi lebih dari separuh perjalanan, dua kali akhirnya" ujar Susi.

Hal serupa terjadi untuk produk ikan dari Morotai yang perlu dikirim ke Makassar terlebih dahulu sebelum diekspor sehingga ongkos ekspor menjadi mahal.

"Ikan ini sekarang terlalu besar costnya. Jadi mau saya seperti itu dari daerah produksi, Morotai langsung, ya pakai tol laut," kata Susi.

Bersama dengan Kementerian Perhubungan, Susi mengatakan akan mengkaji solusi untuk meningkatkan kualitas tol laut, sehingga logistik bisa lebih cepat, murah, dan frekuensinya tinggi.

"Kami mau minta rute, perubahan rute tol laut, dan frekuensi diperbanyak," ucap Susi.

Sumber: BERITA SATU

Editor: tom.