HETANEWS

Embat Sepeda Motor, Pranoto Terancam 1 Tahun Penjara

Terdakwa ketika digiring petugas menuju sel tahanan PN Siantar. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Terbukti melakukan pencurian 1 unit sepeda motor, terdakwa Pranoto (49), diancam 1 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Rabu (9/10/2019), pukul 15.00 WIB.

JPU Firdaus Maha, menyatakan, terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana "percobaan melakukan pencurian" sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke-5 KUH Pidana.

Dalam sidang tersebut, majelis hakim yang diketuai Danar Dono, dibantu dua anggotanya, M Nuzuli  dan Hendri, mengatakan kepada terdakwa, apakah akan melakukan permohonan secara lisan atau tulisan?

Lalu dijawab terdakwa, akan melakukan secara lisan di depan majelis hakim. Dalam permohonannya tersebut, agar hukuman yang diberikan kepadanya diringankan.

"Istri saya juga lagi sakit yang mulia. Istri saya sakit pendarahan dalam rahim, dan saya merupakan tulang punggung keluarga,"ucapnya memohon, di hadapan majelis hakim.

Usai mendengar permohonan terdakwa, majelis hakim menunda persidangan hingga minggu depan untuk membacakan vonis.

Dalam pemberitaan sebelumnya, terdakwa Pranoto yang diketahui berdomisili di Jalan Dusun Tanjung Selamat, Desa Mekar Sari Raya, melihat sepeda motor Yamaha Vixion yang terparkir, di kantor DJP Sumut, Jalan MH Sitorus, pada Senin (1/6/2019).

Kemudian, terdakwa mendekati sepeda motor yang diketahui milik Robert Manik.

Lalu terdakwa mengeluarkan sebuah kunci yang berbentuk T dan langsung memasukan kunci tersebut ke sepeda motor vixion dengan nomor polisi (Nopol) BK 5354 TAB.

Penulis: res. Editor: gun.