HETANEWS

Boy Saragi Terancam 6 Tahun Penjara karena Sabu

Terlihat terdakwa Boy Saragi, ketika keluar dari ruang sidang PN Siantar.

Siantar, hetanews.com - Jaksa menuntut terdakwa Boy Sandi Saragi (29), 6 tahun penjara, di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Rabu (9/10/2019) sore, pukul 14.00 WIB.

Terdakwa yang tinggal di Jalan Gunung Sinabung, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur ini, dituntut karena kepemilikan narkotika jenis sabu, dengan berat 2,97 gram.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Boy Sandi Saragi, dengan pidana penjara selama 6 tahun, dikurangi masa penahanan yang telah dijalani terdakwa. Dan denda sebesar Rp 800 juta subsider 6 bulan penjara," ungkap Jaksa Penuntut Umum (JPU), Henny A Simandalahi.

Selain itu, terdakwa juga dinyatakan secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam dakwaan kedua pasal 112 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Mendengar tuntutan tersebut, majelis hakim, yang diketuai Danar Dono, dibantu dua anggotanya, Simon C Sitorus dan Hendrik, meminta agar terdakwa melakukan diskusi kepada penasehat hukumnya.

Kemudian, terdakwa Boy Sandi Saragi, didampingi kuasa hukumnya, Fredrik H Rangkuti, meminta waktu selama 7 hari  kepada majelis hakim, untuk membuat nota pembelaan secara tertulis.

Dalam pemberitaan sebelumnya, pada hari Senin (17/7/2019), terdakwa sedang duduk di pinggir Jalan Sinabung dan kemudian datang Jefri (DPO), memberikan 1 paket narkotika jenis sabu kepada terdakwa.

Kemudian, terdakwa pergi ke salah satu kos. Dan setelah sampai di kosan milik saksi Faisal Candra Tarigan, terdakwa langsung menuju dapur.

Dan pada saat berada di dapur, terdakwa mendengar ketukan pintu, namun tidak ada yang berani membuka pintu tersebut.

Karena ketakutan, terdakwa berjalan menuju jendela kamar dan membuang 1 paket narkotika jenis sabu yang telah dipegangnya.

Lantaran pintu rumah kos tidak juga dibuka, petugas kepolisian melakukan pendobrakan secara paksa.

Petugas yang telah berhasil masuk kedalam kos tersebut, langsung melakukan penangkapan terhadap terdakwa dan juga berhasil mengamankan 1 paket sabu yang dibuangnya dari jendela.

Penulis: res. Editor: gun.