HETANEWS

Posisinya Dekat Sekolah, Pemko Siantar Diminta Bongkar Videotron Salah Satu Produk Rokok

Videotron salah satu produk rokok yang dipersoalkan karena letaknya dekat dengan sekolah.

Siantar, hetanews.com – Keberadaan reklame salah satu produk rokok, berbentuk videotron atau layar monitor besar, yang letaknya berdekatan dengan sekolah, yaitu SDN 122350 Siantar dan SMAN 4 Siantar, mendapat sorotan tajam.

Dan kalangan masyarakat meminta, agar pihak Pemko Siantar membongkar videotron tersebut, yang berdiri tegak, di Jalan Pantoan, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar.

Seperti disampaikan Marjo Situmorang, selaku pengamat pendidikan dan juga pelaku pendidikan di kota Siantar, bahwa keberadaan iklan produk rokok berbentuk ‘TV raksasa itu’ dapat mempengaruhi para pelajar dan termasuk kalangan remaja, karena lokasinya sangat dekat dengan lingkungan sekolah.

“Di dekat videotron itu kan ada sekolah, dan di lokasi berdirinya videotron itu juga sering anak sekolah berdiri menunggu mobil saat mau pergi maupun pulang sekolah. Sehingga letaknya benar – benar tidak layak dan pihak Pemko Siantar harus menyikapinya,”ujarnya kepada wartawan, Selasa malam (8/10/2019).

Apalagi menurutnya, videotron ini agak berbeda dengan iklan lainnya, dimana daya tariknya lebih tinggi, sehingga dengan mudah menyita perhatian warga dan anak sekolah untuk melihatnya.

“Anak – anak Sekolah Dasar pasti suka melihatnya, karena dikira tontonan, tak tahunya iklan rokok,”ujarnya prihatin.

Menurutnya, sah – sah saja Pemko Siantar mengambil untung dari pajak videotron itu, tapi harusnya jeli dan mempertimbangkannya matang – matang, khususnya memperhatikan letaknya, harus jauh dari lingkungan pendidikan.

Lanjutnya, sesuai PP nomor 18 Tahun 1999, ditegaskan “Melarang menjual rokok terhadap anak – anak  di bawah umur 18 tahun”.

Sehingga hal ini sudah tidak benar lagi, karena videotron itu, secara tidak langsung menawarkan produk salah satu rokok dengan terbuka kepada publik, dan letaknya dekat sekolah, katanya.

Saya juga berharap agar calon Wali Kota Siantar nantinya, memiliki konsep yang serius  mewujudkan Kota Siantar menjadi kota pendidikan, dan membuat Perda pendidikan, demi terbentuknya karakter pelajar yang berdedikasi dan bermoral, tutupnya

Penulis: tim. Editor: gun.
Komentar 3
  • VALenT. F.PARDEDE, SH, M.Hum.
    Pengaruh itu karna stabilnya belum ada mangkanya berkoar koar... coba kalau mulutnya disumbat pake lembaran merah... Pasti keliatan bagus itu vidiotron nya. .
  • Dedi Simbolon
    Setuju...
    Lebih setuju lagi kalau Pabrik Rokok di kota P. Siantar disuruh pindah dari kota ini.. Karena kota ini adalah kota pendidikan. Berani ga ya Heta news menyuarakan.?!
    Itu baru berita. Tidak hanya iklan di vidiotron yg di komentari.
  • Johan Ananda
    Laay muak lay.. anak anak gak ngaji gak sekolah dan slogan "siantar kota pendidikan" mana ada pedulinya.. azab tuhan lah yg datang.