HETANEWS

Lebih dari 150 Pangulu Ikuti Sosialisasi TP4D di Kejari Simalungun

Kasi Intel Kejari Simalungun, Rudi Sagala SH saat memberikan paparan di hadapan para Pangulu. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Setidaknya lebih dari 150 Pangulu dari 14 Kecamatan, mengikuti sosialisasi TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) Kejari Simalungun, Senin (7/10/2019).

Sosialisasi TP4D ini, merupakan yang ke-2 kalinya diadakan.

"Tahap pertama sudah selesai, tahap kedua ini, kita meminta laporan progres kerja, terkait sudah sejauh mana pekerjaannya dan juga laporan pertanggungjawabannya. Masih banyak pangulu, termasuk yang baru meminta petunjuk tata cara membuat laporannya,"jelas Kasi Intel, Rudi Sagala SH MH, didampingi Jaksa, Augus Vernando SH, ketika ditanya Wartawan.

Menurut Sagala, yang juga sebagai Ketua TP4D, tidak semua Nagori didampingi TP4D.

Pendampingan dilakukan berdasarkan surat permohonan pendampingan yang masuk ke TP4D. Sosialisasi diwarnai dengan banyaknya pertanyaan dari pangulu tentang bagaimana penyusunan laporan pertanggungjawaban sesuai Perbup.

Dalam kesempatan itu, Kasi Intel menegaskan, jika kejaksaan bukan "tameng" dalam melakukan pendampingan. Siapa yang diduga menyalahi atau menyimpang akan dilaporkan ke Inspektorat, tegasnya.

Kejaksaan sebagai TP4D melakukan pendampingan, agar pekerjaan atau penggunaan Dana Desa tidak menyimpang dati aturan yang berlaku.

Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh Pangulu atau Kepala Desa, agar transparansi dalam penggunaan Dana Desa. Juga memberikan pelayanan kepada masyarakat  secara maksimal, ujar Rudi.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.