Siantar, hetanews.com - Seluruh personel Polres Pematangsiantar, pemegang senjata api (Senpi), dilakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan senpi ini, dilakukan di halaman belakang Mapolres setempat, yang dipimpin langsung Kapolres, AKBP Budi Pardamean Saragih, didampingi Kasi Propam, Iptu Armada Simbolon, Senin (7/10/2019).

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Budi Pardamean Saragih yang dikonfirmasi menyampaikan, hal itu dilakukan dalam kegiatan rutin yang sifatnya pengawasan dan pengendalian.

"Seluruh pemegang senpi yang dilakukan pemeriksaan tadi," ungkap AKBP Budi.

Ketika disinggung soal pemeriksaan senpi yang berlangsung di Mapolres Siantar, ada kaitanya dengan yang terjadi di Sedang Bedagai? AKBP Budi Pardamean Saragih menjawab, tidak ada kaitannya sama sekali.

 "Giat (Pemeriksaan Senpi) ini tidak ada kaitannya dengan kejadian yang di Serdang Bedagai. Tapi merupakan pengecekan rutin, setiap saya baru bertugas untuk mengecek kelengkapan inventaris dinas yang dipinjamkan ke anggota, sekaligus mengecek apakah dirawat dengan baik. Itu saja dan giat ini akan dilaksanakan secara periodik," jelas Kapolres.

Pemeriksaan tersebut, tak hanya bintara saja, tapi  perwira juga ikut.

Pemeriksaan senpi, juga diarahkan ke kalangan semua personel Polres, baik anggota Polres, maupun seluruh Polsek jajaran.

"Dari hasil pemeriksaan, seluruh kondisi senjata api yang dibawa anggota dalam kondisi lengkap dan layak digunakan," ujarnya kembali.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengingatkan, agar para anggota selalu berhati-hati dalam penggunaan senpi.

"Anggota juga harus terus merawat dan menjaga kebersihan senpi, serta memperhatikan kelengkapan suratnya," pungkasnya.