HETANEWS

Riset Google: Indonesia dan Vietnam Bersaing Ketat soal Ekonomi Digital

Ekonomi digital.

Jakarta, hetanews.com - Google menyebut Indonesia dan Vietnam kini bersaing ketat di Asia Tenggara untuk urusan ekonomi digital. Kedua negara ini mencatatkan pertumbuhan yang tinggi.

Dalam riset terbaru Google dan Temasek bertajuk "The e-Conomy SEA 2019", Indonesia masih memimpin di ASEAN. Pada 2019, nilai ekonomi digital di Indonesia mencapai 40 miliar dolar AS, tumbuh lebih dari empat kali lipat dibandingkan 2015.

Kencangnya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, menurut Google, didorong persaingan ketat di sektor e-commerce (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain) serta dan ride-hailing (Grab dan Gojek).

"Semua sektor juga ikut kecipratan dari tumbuhnya bisnis pembayaran digital," tulis Google, Minggu (6/10/2019),

Google juga mencatat nilai investasi ekonomi digital di Indonesia juga masih cukup besar. Meskipun kuantitas pendanaannya makin sedikit, nilai untuk setiap pendanaan justru membesar. Google memprediksi nilai investasi ekonomi digital tahun ini akan menyamai rekor tahun lalu sebesar 4 miliar dolar AS.

"Seri pendanaan jumbo telah diperoleh dari unicorn asal Indonesia seperti Bukalapak, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Grab (Singapura) juga telah mengumumkan komitmen investasi miliaran dolar AS dalam beberapa tahun ke depan di negara tersebut," tulis Google.

Sementara itu ekonomi digital di Vietnam juga terus melaju kencang. Meski porsinya lebih kecil daripada Indonesia, pertumbuhannya lebih cepat, bahkan yang tercepat di Asia Tenggara.

Pada tahun ini, nilai ekonomi digital Vietnam mencapai 12 miliar dolar AS dengan laju pertumbuhan rata-rata 38 persen sejak 2015. Bahkan, transaksi ekonomi digital di Vietnam menyumbang 5 persen PDB 2019.

"E-commerce menjadi kunci utama di balik angka-angka luar biasa tersebut yang mana marketplace lokal seperti Sendo dan Tiki bersaing ketat dengan pemain regional seperti Lazada dan Shopee," tulis Google.

Pertumbuhan ekonomi digital Vietnam juga ditopang oleh indeks keyakinan investor yang berada di posisi ketiga setelah Indonesia dan Singapura. Dalam empat tahun terakhir, ekonomi digital Vietnam menarik investasi hampir 1 miliar dolar AS.

Fakta ekonomi digital Indonesia dan Vietnam:

INDONESIA

1. Pengguna internet: 152 juta (2019) vs 92 juta (2015)

2. Nilai transaksi ekonomi digital: 40 miliar dolar AS (2019) vs 8 miliar dolar AS (2015

3. Pendanaan sektor ekonomi digital: 4 miliar dolar AS (2019) vs 1,2 miliar dolar AS (2015)

VIETNAM

1. Pengguna internet: 61 juta (2019) vs 44 juta (2015)

2. Nilai transaksi ekonomi digital: 12 miliar dolar AS (2019) vs 3 miliar dolar AS

4. Pendanaan sektor ekonomi digital: 1 miliar dolar (2019) vs 160 juta dolar AS (2015)

sumber: inews.id

Editor: sella.