HETANEWS

Poldasu Toba Lake Fiesta di Pantai Bebas Parapat, Kapolres Berlakukan Rekayasa Lalu

AKBP Heribertus Ompusunggu. (foto/hza)

Siantar, hetanews.com - Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggung, secara terang-terangan mengatakan, saat berlangsungnya pegelaran Poldasu Toba Lake Fiesta, di Pantai Bebas Parapat, yang berlangsung mulai tanggal 11 hingga 12 Oktober 2019 mendatang, akan ada pengalihan arus lalu lintas.

Namun pengalihan arus lalu lintas tersebut, tidak akan mengurangi minat wisatawan lokal maupun internasional datang ke Danau Toba. Namun sebaliknya akan menarik minat para wisatawan, ujar Kapolres.

Dijelaskan, pagelaran Poldasu Toba Lake Fiesta nantinya akan diisi berbagai kegiatan menarik, seperti lomba perahu hias, renang, solu bolon, pesta budaya, dan exhibition jet ski.

AKBP Heribertus Ompusunggu kembali menyampaikan, pengalihan lalu lintas dilakukan, guna kelancaran acara tersebut.

"Rekayasa lalu linta dilakukan dari sejumlah rute menuju Parapat. Rekayasa ini untuk mengantipasi kemacetan di Parapat,” kata Heribertus Ompusunggu, Sabtu (5/10/2019).

Rekayasa lalu lintas tersebut, dipaparkan oleh Heribertus. Untuk truk roda enam atau lebih dari arah Siantar, serta Simarjarunjung menuju Parapat dan Tobasa akan dialihkan ke Simpang Palang, melintasi jalan lingkar luar Parapat, serta keluar dari Simpang Sitahoan.

Arus lalu lintas di Jalan Sisingamangaraja Parapat akan diberlakukan sistem one way. Kendaraan yang datang dari arah Tobasa menuju Siantar saja yang akan melintasi Jalan Sisingamangaraja, katanya.

"Sementara untuk kendaraan dari Siantar akan melintasi jalan alternatif Anggarajim dan keluar di Terminal Sosor Saba Parapat. Dan kita berlakukan tidak ada parkir kendaraan bermotor, di sepanjang sisi kanan dan kiri Pantai Bebas Parapat. Untuk lokasi parkir, di kantor Polsek Parapat, Parapat Central Food, dan Terminal Sosor Saba,” pungkas Heribertus.

Penulis: hza. Editor: gun.