HETANEWS

Kualitas Udara Membaik, Langit Sumbar Mulai Biru

Langit Kota Solok, Sumbar pada Jumat siang (4/10). (GATRA/Nella Marni/ar)

Padang, hetanews.com - Meskipun kualitas udara di Sumatera Barat masih sering bergeser dari level Baik ke Sedang dari pantauan Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Kototabang, namun langit di sejumlah wilayah Sumbar sudah mulai biru.

Kepala GAW Kototabang, Wan Dayantolis, mengatakan, grafik PM10 dalam 24 jam terakhir berkisar pada level Baik hingga Sedang atau berada pada angka 30-60 ug/m3.

“Secara visual masih terlihat udara kabur di beberapa titik atau wilayah. Namun sudah jauh membaik dibandingkan sepekan yang lalu,” ujar Wan Dayantolis, Jumat (4/10).

Seperti halnya di Kota Padang, meskipun pagi hingga jelang siang pandangan masih kabur karena kabut asap, namun mulai berkurang saat siang hari. Langit di Kota Bengkuang juga sudah berawan dan membiru.

Begitu juga dengan Kota Solok. Dari pantauan Gatra.com, kualitas udara di kota beras ini sudah jauh membaik dibandingkan Kota Padang. Langit benar-benar sudah membiru.

Dua pekan sebelumnya, pada 23 September, kualitas udara Sumbar sempat berada pada level Berbahaya, dengan PM10 mencapai 487 ug/m3. Bahkan kualitas udara dengan level Berbahaya sempat bertahan beberapa hari di wilayah setempat.

Sumber: GATRA

Editor: tom.