HETANEWS

Instagram Threads Hanya Berbagi untuk Teman Terdekat

Instagram menghadirkan jejaring sosial terkait fitur Close Friends miliknya, bertajuk Threads.

Jakarta, hetanews.com - Instagram meluncurkan aplikasi khusus berkemampuan untuk berbagi hanya dengan rekan terdekat, ditujukan untuk menghadirkan pengalaman penggunaan jejaring sosial yang lebih pribadi.

 
Aplikasi bertajuk Threads ini merupakan aplikasi Instagram yang hanya menampilkan pengguna lain pada daftar Close Friends dan mengabaikan pengguna lainnya. Pengguna lain pada daftar Close Friends akan mendapatkan update status berbasis lokasi pengguna secara otomatis.

 
Rumor sebelumnya menyebut bahwa aplikasi Threads memanfaatkan daftar Close Friends Instagram yang diluncurkan pada tahun 2018 lalu, untuk secara otomatis menghadirkan rekan favorit ke aplikasi lebih pribadi, seperti laporan Digital Trends.

Instagram merupakan jejaring sosial untuk teman dan untuk mengikuti influencer dan pelaku industri kreatif. Sedangkan Threads terfokus pada pengguna Instagram yang merupakan teman dari pengguna.

 
Dengan fokus lebih sempit tersebut, Facebook mengklaim Threads akan menciptakan ruang privasi lebih baik untuk melakukan interaksi. Berbeda dengan pertemanan di Facebook pada umumnya, pengguna lain tidak dapat mengirimkan permintaan untuk ditambahkan ke dalam daftar Close Friends.

 
Facebook menyebut bahwa pengguna tidak akan menerima notifikasi saat ditambahkan atau dihapus dari daftar Close Friends. Dan daftar ini merupakan daftar pribadi dan sepenuhnya dikendalikan oleh pemilik daftar.

 
Salah satu fitur utama aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk berbagi data lokasi dan bahkan daya baterai dengan Facebook. Fitur Auto Status menggunakan data lokasi untuk berbagi status tergeneralisasi tanpa input pengguna.

 
Aplikasi ini mungkin menggunakan data lokasi untuk menampilkan informasi lokasi, namun tidak berbagi nama lokasi keberadaan pengguna secara akurat. Fitur Auto Status juga menampilkan informasi saat pengguna dalam perjalanan, dan memberitahukan teman dekat saat telah tiba di rumah.

 
Fitur Auto Status tidak mengharuskan pengguna untuk menggunakannya di aplikasi dan merupakan alat tambahan. Facebook menyebut data dari alat ini tidak akan digunakan untuk iklan, dan hanya tersimpan sementara waktu, serta akan terhapus jika pengguna menonaktifkan alat ini.

 
Untuk update status non otomatis, aplikasi Threads akan langsung menampilkan menu kamera. Menu ini dirancang untuk mendorong pengguna berbagi gambar yang mewakili aktivitas mereka. Fitur ini serupa dengan cara Snapchat menampilkan menu kameranya.

 
Facebook menjelaskan bahwa pengguna dapat menambahkan shortcut ke halaman menu kamera ini untuk mempercepat proses update status. Threads juga berbekal kotak pesan masuk khusus, namun pesan dari pengguna di daftar Close Friends masih akan muncul di menu Instagram Direct.

Sumber: medcom.id

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.