HETANEWS.COM

Dosen USU Penyebar Hoax 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Ajukan Kasasi

Dosen USU Himma Dewiyana Lubis saat menjalani sidang di PN Medan

Medan, hetanews.com - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Himma Dewiyana Lubis akan mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi (PT) Medan. Hakim PT menghukum Himma 1 tahun penjara karena terbukti menyebarkan hoax 'bom Surabaya pengalihan isu'.

Pengacara Himma, Ahmad Sandry Nasution mengatakan pengajuan kasasi langsung diminta kliennya. Berkas kasasi sedang disiapkan tim.

"Rencana minggu depan mungkin sudah bisa kita ajukan kasasinya. Sekarang masih menyiapkan dokumen," kata Sandry kepada wartawan di Medan, Jumat (4/10/2019).

Dalam permohonan kasasi, tim pengacara akan mengulas pertimbangan hakim Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri.

"Karena kalau kita lihat sebetulnya pertimbangan di tingkat PN maupun putusan banding, tidak ada yang berbeda. Hanya putusannya saja, dari percobaan menjadi satu tahun," kata Sandry.

Sebelumnya majelis hakim PT Medan yang diketuai Agustinus Silalahi mengubah Putusan PN Medan tanggal 23 Mei 2019 Nomor
3168/Pid.Sus/2018/PN Mdn, yang sebelumnya menjatuhkan hukuman percobaan 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun untuk Himma dalam kasus ujaran kebencian di status Facebook terkait bom Surabaya.

PT Medan menyatakan Himma dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA).

sumber: detik.com

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!