HETANEWS

Miris, Warga Karawang Temukan 11 Drum Limbah Kimia B3 Dibuang Sembarangan

Belasan Drum Limbah Kimia Cair B3 Dibuang Sembarang di Karawang. ©2019

Karawang, hetanews.com - Sebanyak sebelas drum kimia diduga limbah cair ditemukan warga di tengah kebun bambu di Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan, Karawang. Limbah cair berbahaya itu diduga dibuang orang tidak bertanggung jawab dan kini dalam penangan pihak kepolisian.

Salah satu warga, Ujang Suryana (30) penemuan 11 drum limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) cair di kebun bambu awalnya ditemukan warga yang hendak ke kebun, Kamis (3/10) sekira pukul 08.00 Wib.

Melihat sejumlah drum mengeluarkan bau menyengat, warga sendiri tidak ada yang tahu siapa yang buang ke lokasi tersebut.

"Kalau awal pembuangan drum kimia tidak ada yang tahu persis, karena sudah ada di lokasi," ujarnya, Kamis (3/10).

Unit Tipiter Polres Karawang langsung mendatangi TKP drum bekas kimia tanpa pemilik di kebun bambu tersebut.

Kemudian polisi melakukan pemasangan police line untuk kepentingan penyidikan dan meminta keterangan sejumlah pihak warga sekitar. Serta mengambil sample cairan kimia yang tersisa dalam drum misterius tersebut.

"Kita pasang police line untuk kepentingan penyidikan," kata Iptu Bobby di lokasi.

Dia memastikan drum kimia yang dibuang orang bertanggung jawab, sample bahan kimia akan di analisa di laboratorium Dinas Lingkungan Hidup, dan pihak belum tahu siapa yang membuang drum bekas zat kimia tersebut.

"Belum bisa memastikan zat kimia apa, baru akan dilakukan uji laboratorium," katanya. 

Sumber: merdeka.com

Editor: suci.