HETANEWS

Era 5G Baru Dimulai, Huawei Sudah Persiapkan Teknologi 6G

Ilustrasi 6G (Foto: Gizmo China)

Beijing, hetanews.com - Era 5G baru dimulai dan bahkan belum tersebar merata di seluruh dunia. Tapi, Huawei sudah mempersiapkan jaringan generasi berikutnya, 6G.

Dikutip dari Gizmo China, Senin (30/9/2019), Huawei telah memulai penelitian mengenai 6G. Persiapan jaringan 6G ini dilaporkan langsung dikonfirmasi oleh CEO dan founder Huawei Ren Zhengfei.

Menurut terjemahan resmi komentar Mandarinnya, Huawei secara paralel telah bekerja pada teknologi 5G dan 6G. Namun, pengembangan 6G masih dalam fase awal dan masih ada jalan yang harus ditempuh sebelum tersedia secara komersial.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, 5G saat ini dianggap sebagai generasi telekomunikasi berikutnya. Kecepatan data yang dijanjikannya akan berfungsi sebagai teknologi pendukung untuk mobil tanpa pengemudi dan kontrol kritis perangkat jarak jauh seperti alat berat.

Sampai sekarang, adopsi 5G telah terbatas pada beberapa negara seperti Inggris dan Korea Selatan. Sementara China diperkirakan segera mengimplementasikannya.

Senior Huawei menyatakan sebelum 6G menjadi kenyataan, industri perlu menetapkan standar yang dapat memakan waktu bertahun-tahun agar terbentuk. Selain itu, masih belum jelas apa yang akan menjadi kegunaan dan aplikasi dari teknologi ini.

Dengan itu, Huawei saat ini memusatkan sumber daya dan upayanya dalam 5G dan mungkin butuh waktu lama sebelum mendengar 6G dari perusahaan lagi.

Sumber: iNews

Editor: tom.