HETANEWS

Teknis Kegiatan Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 Terlihat Jelas Saat Rapat Koordinasi Ke 3

Kapolres dan Wakapolres Simalungun saat memimpin Rapat Koordinasi Ke 3 Poldasu Toba Lake Fiesta 2019.

Simalungun,  hetanews.com – Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si memimpin rapat koordinasi (Rakor) Poldasu Toba Lake Fiesta 2019, yang ketiga, Senin (30/9/2019), pukul 11.10 WIB,  di ruangan Aula Andar Siahaan Polres Simalungun.

Tampak dihadiri pejabat utama Polres Simalugun, para Kapolsek jajaran Polres Simalungun, Anggota DPRD Kabupaten Simalungun, Pemkab Simalungun, Yayasan Sosial, perwakilan perusahaan PT/CV/UD, Perkebunan PTPN IV, PTPN III, dan tokoh masyarakat.

Rapat tersebut, diawali pembukaan oleh protokol, doa, arahan Kapolres Simalungun, paparan tim kreatif, tanggapan dan masukan dari peserta rapat dan kesimpulan rapat koordiansi.

Kegiatan Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 ini, diprakarsai Polres Simalungun, yang akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu (tanggal 11 – 12 Oktober 2019), di Pantai Bebas dan Bahari Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan kemajuan pariwisata Danau Toba.

Peserta rapat Poldasu Toba Lake Fiesta 2019. 

Seperti diketahui, Danau Toba, merupakan salah satu destinasi yang menjadi prioritas pemerintah, yang saat ini berusaha meningkatkan perekonomian Indonesia, dengan mengembangkan destinasi pariwisata.

Terkait hal itu, Polres Simalungun merasa perlu melaksanakan kegiatan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Danau Toba.

Acara tersebut, nantinya akan dikemas dalam suatu rangkaian kegiatan yang satu dan lainnya, saling mendukung, seperti layaknya sebuah sistem untuk mencapai visi.

Acara akan dikemas dengan kreasi yang tetap mengedepankan seni dan tradisi yang ada di seputaran Danau Toba.

Kegiatan yang akan diselenggarakan, berupa festival pesta budaya, renang, perahu hias, solu, solu bolon, masakan tradisional, exhibition jet ski.

Peserta rapat Poldasu Toba Lake Fiesta 2019. 

Adapun misi diselenggarakannya Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 tersebut, adalah sebagai atraksi wisata tahunan yang kedepannya menjadi ikon pariwisata baru, di Danau Toba, mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia, membantu promosi pariwisata Danau Toba, serta terwujudnya acara sebagai media pemersatu antara Polres Simalungun dengan masyarakat, pemerintah dan swasta.

Dalam rapat kali ini, dibahas juga rencana jadwal kegiatan Poldasu Toba Lake Fiesta 2019, antara lain, pada hari Jumat (11/10/2019), pukul 08.00 wib s/d selesai, kegiatan festival solu, solu bolon, renang dan kunjungan ke panti jompo, dilaksanakan di Pantai Bahari. Dan pada pukul 20.00 WIB s/d 23.00 WIB, kegiatan pesta budaya, dilaksanakan di pantai bebas Parapat.

Kemudian pada hari Sabtu (12/10/2019), pukul 08.00 WIB s/d pukul 10.00 WIB, kegiatan ucapan selamat datang sambut dengan tor – tor somba, pembacaan doa, kata sambutan ketua panitia kegiatan, Bupati Simalungun, Kapolda Sumut, penampilan tarian 10 etnis oleh Perguruan Sultan Agung, dan penampilan gondang dilaksanakan di pantai bahari.

Dilanjutkan kegiatan pertandingan final festival solu, solu bolon, renang, dan exibition jet ski, dilaksanakan di pantai bahari.

Peserta rapat saat foto bersama Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu usai rapat.

Sedangkan kegiatan festival kuliner, perahu hias dan penaburan benih ikan, penampilan seni dan budaya, dilaksanakan di pantai bebas.

Nantinya usai makan malam pukul 18.00 WIB s/d pukul 19.45 WIB, dilanjutkan kegiatan penyerahan hadiah, penampilan seni budaya dan penutupan yang dilaksanakan, di Pantai Bebas Parapat.

Dari semua rangkaian rencana kegiatan rapat tersebut, berkahir dengan baik dan semua pihak yang terlibat, diharapkan agar bertanggung jawab penuh tugas dan teknis kerjanya.

Semoga dalam pelaksanaannya nanti acara dapat terselengara dengan baik dan meriah.

Penulis: tim. Editor: gun.