HETANEWS

Maju Sebagai Calon Walikota, Donver Panggabean Ungkap Alasan Memilih Partai NasDem

Donver Panggabean

Siantar, hetanews.com- Donver Panggabean maju sebagai calon Walikota Pematangsiantar. Donver mengambil formulir calon Walikota Pematangsiantar dari Partai NasDem. DPD NasDem menyambut baik keinginan Donver maju menjadi Walikota dari Partai NasDem.

Kehadiran Donver Panggabean di kantor DPD NasDem Pematangsiantar, Senin (30/92019) sore untuk mengambil formulir pendaftaran Walikota Pematangsiantar. Donver disambut baik oleh pengurus DPD NasDem dan Ketua Bapilu NasDem Pematangsiantar.

Pada kesempatan ini, pria yang pernah menjadi Sekretaris Daerah [Sekda] Pemko Pematangsiantar itu mengungkapkan alasannya memilih Partai NasDem sebagai kendaraan politk untuk bertarung di Pilkada Siantar 2020.

"Saya tertarik kepada Partai NasDem karena 'Tanpa Mahar'. Terus terang saja, saya empat kali Plh Walikota dan Sekda selama enam setengah tahun. Persoalan secara umum adalah, kepala daerah tersangkut OTT, korupsi adalah disebabkan mahar ongkos diawal sangat besar," katanya.

Dia mengatakan, kepala daerah yang aman, tidak tersangkut OTT [operasi tangkap tangan] maupun korupsi salah satunya adalah maju mengendarai partai politik Tanpa Mahar.

"Pernah Alm Pak Hulman cerita waktu itu kepada saya. Waktu ada pertemuan di Jakarta, dia ngomong dengan Tim KPK. Kepala daerah yang aman tanpa korupsi jika seluruh harta kekayaan nenek moyang-nya disumbangkan untuk negara ini.".

"Karena, beli perahu [Parpol] adalah uang. Suara sama dengan uang. Sekaitan dengan itu, supaya kepala daaerah tidak tersangkut korupsi, obat yang awal adalah tanpa mahar." ungkapnya.

Donver Panggabean pun sudah lama mengincar partai besutan Surya Paloh itu. Dia pun merasa terpanggil untuk maju sebagai calon Walikota Pematangsianatar diusung oleh Partai NasDem.

"Program NasDem secara nasional yang murni secara strategis itu lah saya terpanggil, dan menunggu-nunggu kapan NasDem membuka pendaftaran. Sekarang lah yang terbaik. Kalaupun saya datang tanggal 30 September, kepada Tim Bapilu dan Ketua NasDem terimalah dengan senang hati," ungkapnya.

Baca juga: Donver Panggabean Hadiri Penabalan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko jadi Marga Hasibuan

Sebagai persyaratan untuk mencalon sebagai Calon Walikota ke Partai NasDem, Donver sudah melampirkan biografi-nya. "Saya ulangi kembali, empat kali saya Plh Walikota dan enam setengah tahun jadi Sekda, dan sejarah terlama Sekda sejak ada Kota Siantar,".

"Dua tahun kepala BKD, Asisten I, Sekda pernah dan Kepala Dinas Pendidikan di Humbang Hasundutan saya dua tahun. Mudah-mudahan sampai detik ini, saya tidak pernah berurusan dengan aparat hukum,"paparnya.

Setelah penyampaian itu, Ketua Bapilu sekaligus Tim Verifikasi penjaringan calon Walikota dan Wakil Walikota, Frengki Boy Saragih menyerahkan formulir pendaftaran calon Walikota kepada Donver Panggabean.

"Saya harap kepada Bapak tidak mengambil formulir saja, tapi juga mengembalikan formulirnya kepada kita," kata Frengki seraya tersenyum.

Turut hadir, Ketua DPD NasDem Pematangsiantar sekaligus Ketua Fraksi NasDem DPRD Pematangsiantar Frans Herbert Siahaan, Anggota DPRD Pematangsiantar Jani Apohan Saragih dan Tongam Pangaribuan. 

Baca juga: Frans Herbert Gelar Reses, Perjuangkan Aspirasi Warga Tentang Pendidikan

Penulis: gee. Editor: edo.