HETANEWS

Pangeran MBS: Perang Arab Saudi Melawan Iran Bakal Hancurkan Ekonomi Global

Pangeran Muhammad bin Salman.

Arab Saudi, hetanews.com - Pangeran Mohammad bin Salman (MBS) memastikan Arab Saudi tetap mengedepankan langkah-langkah diplomasi dalam menghadapi Iran. Dia menilai, perang frontal melawan Iran akan menjadi bencana bagi ekonomi global.

"Pasokan minyak mentah akan terganggu dan harga minyak akan melonjak ke level yang tidak pernah dibayangkan oleh kita semua," ujar MBS, Senin (30/9/2019).

MBS menerangkan, Arab Saudi dan Iran menguasai sekitar 30 persen pasokan minyak mentah dunia, 20 persen perdagangan global, dan empat persen PDB dunia.

"Bayangkan kalau tiga hal ini berhenti. Ini berarti kehancuran total bagi ekonomi global, dan bukan hanya Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah," tuturnya.

Meski begitu, putra mahkota Arab Saudi itu geram dengan serangan terhadap fasilitas minyak Saudi Aramco pada 14 September silam. Tanpa menyebut pelaku, MBS bilang serangan tersebut sangat bodoh.

"(Serangan) itu tidak memiliki tujuan strategis, hanya orang bodoh yang akan menyerang 5 persen pasokan minyak global. Satu-satunya tujuan strategis (serangan) adalah untuk membuktikan bahwa mereka bodoh, dan itulah yang mereka lakukan," kata MBS.

sumber: inews.id

Editor: sella.