HETANEWS

Jalan Menuju Wisata Pantai Merdeka Perlu Perhatian Serius dari Pemkab Sergai

Jalan yang menu wisata bahari Pantai Merdeka Tanjung Beringin tampak rusak parah. (Foto/Sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Jalan kabupaten yang menghubungkan kecamatan Teluk Mengkudu menuju wisata bahari Pantai Merdeka, di Bagan Kuala, kecamatan Tanjung Beringin, kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), tepatnya di dusun III desa Pematang Kuala, kecamatan Teluk Mengkudu, kondisinya rusak parah dan berlobang - lobang.

Padahal, potensi Pantai Merdeka yang juga dikenal dengan sebutan  Pantai Wong Kito ini, mempunyai gaya tarik tersendiri yang masih asri, dengan panorama yang indah dan nelayan tradisional yang ramah dan bersahabat.

Dan di bibir pantai, terlihat juga bangunan pemecah ombak yang unik, yang terbuat dari batu cadas dan bambu yang tidak menggunakan semen pada umumnya, yang berdiri kokoh hampir sepanjang pantai.

Hal ini, sayang kalau dibiarkan oleh pemerintah daerah, tidak mengutamakan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan yang menuju  desa Bagan Kuala ke wisata bahari Pantai Merdeka.

Karena jalan yang mulus, bisa mempercepat pembangunan di daerah dan berdampak menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), pada daerah itu sendiri.

Tokoh masyarakat Bagan Kuala yang juga memprakasai pembangunan Pantai Wong Kito, Saprel (46), kepada wartawan, Minggu (29/9/2019) siang tadi, di kediamannya, mengatakan, kondisi jalan itu memang sangat parah kali, banyak berlubang.

“Jalan yang rusak itu di dusun III, desa Pematang Kuala, kecamatan Teluk Mengkudu. Kalau mau ke desa kami, harus melintas dari situ,”ungkap Saprel.

Dia berharap kepada Pemkab Sergai, agar membangun jalan rusak menuju desa mereka, karena jalan itu satu - satunya yang dapat memperlancar transportasi dan pembangunan di desa mereka.

Apalagi, kami mempunyai aset yang luar biasa di wisata bahari ini, dan kalau wisata bahari ini maju pesat, kan bisa menambah PAD Sergai dan masyarakat di desa kami bisa makmur, ujar Saprel.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.