HETANEWS

Pelajar SMP dan SMA Demo di DPRD Sumut, Hanya 15 Menit Langsung Dibubarkan

Aksi demo pelajar SMP dan SMA di depan Kantor DPRD Sumut

Medan, hetanews.com - Ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor DPRD Sumatera Utara (Sumut), Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Jumat (27/9/2019). Aksi demo pelajar ini hanya berlangsung 15 menit dan langsung dibubarkan aparat yang berjaga.

Sebelum bergerak ke DPRD Sumut, para pelajar yang mengenakan pakaian pramuka ini berkumpul di Lapangan Merdeka Medan sambil menunggu teman-temannya yang lain datang. Tanpa tuntutan yang jelas, para pelajar bergerak menuju DPRD Sumut sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto dari atas mobil komando meminta massa pelajar untuk pulang dan kembali ke rumah.

"Adik-adik ku pelajar, pulanglah. Masa depan kalian masih panjang. Pulanglah ke rumah, kasihan orangtua kalian. Belajar di rumah," kata Dadang.

Kapolrestabes mengungkapkan jika aksi pelajar ini tidak sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga membahayakan keselamatan mereka.

"Demontrasi ini tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Tidak ada yang bertanggung jawab. Jadi kami minta adik-adik untuk pulang," ucap Dadang.

Aksi yang berlangsung 15 menit ini pun dibubarkan aparat. Tidak terima, segerombolan pelajar yang berasal dari sisi kiri gedung dprd sumut tepatnya di  depan Gedung Mandiri melempari aparat dengan batu dan bungkusan sisa nasi bungkus.

Kericuhan pun sempat terjadi. Pelajar coba melakukan perlawanan dengan melempari petugas menggunakan botol mineral dan batu. Untuk menahan aksi anarkistis pelajar, polisi menurunkan satu unit mobil watercanon. Petugas juga mengamankan sejumlah pelajar yang diduga memprovokasi rekan-rekannya hingga terjadi aksi kejar-kejaran.

Saat diamankan, seorang pelajar yang mengaku bernama Heru kedapatan membawa senjata tajam jenis parang di dalam tasnya. Namun dia membantah sebagai pemiliknya. Sajam tersebut milik rekannya yang dititipkan dalam tasnya.

"Ini punya kawan aku. Aku diminta simpan di dalam tas," katanya.

sumber: inews.id

Editor: sella.