HETANEWS

Copot Sekda Saat Diluar Kota, ILAJ: Walikota Takut Dengan Budi Utari

Walikota Siantar Hefriansyah (Kiri Atas), Plh Sekda Kusdianto (Kanan Atas), Staff Pemko Siantar atau Mantan Sekda Budi Utari Siregar (Bawah)

Siantar- Walikota Siantar Hefriansyah kerap melakukan keputusan yang sarat dengan perdebatan dan kontroversial, kali ini dengan sangat mengejutkan Hefriansyah mencopot Sekda Budi Utari Siregar hasil pilihannya saat seleksi Sekda beberapa waktu lalu, padahal pada saat itu Sekda sedang berada diluar Kota yang poisisi Sekda langsung diisi oleh Plh Kusdianto.

Terkait hal itu Ketua Institute Law And Justice (ILAJ) Fawer Full Fander Sihite menduga jika Walikota sengaja melakukan hal tersebut karena takut kepada Sekda Budi Utari Siregar.

"Saya menduga ada ketakutan dari Walikota mengapa pergantian itu dilakukan saat Budi Utari berada di luar Kota, mungkin saja memang Walikota takut sama Budi Utari,"katanya.

Diapun menyebutkan sebaiknya jika Budi Utari merasa dalam pergantian dirinya ada yang menyalahi aturan dia berharap Budi Utari menempuh jalur hukum. 

"Jika Sdr. Budi Utari merasa pergantian dirinya ada menyalahi aturan perundang-undangan, silahkan menempu jalur hukum, salah satunya bisa saja SK itu di bawa ke PTUN, supaya penegak hukum yang menilai kebenarannya" terangnya

Masih kata Fawer, ILAJ bukan mau membela Budi Utari tetapi hal-hal yang seperti ini sebaiknya jangan terus dilanjutkan, karena menjadi laten buruk. Jika hendak mengganti siapa pun dalam jabatan apapun agar dibiasakanlah dengan transparan dan terbuka.Ditanyakan soal mengapa harus Kusdianto sebagai Pelaksana Harian Sekda?

"Kita tidak tau mengapa harus Kusdianto, mungkin Hefriansyah dekat dengan dia, atau ada tekanan dari pihak eksternal, kita hanya bisa menduga-duga aja, karena peristiwa pergantian inikan tiba-tiba" pungkas.

Penulis: tim. Editor: tom.