HETANEWS

5 Orang Terkenal yang Dapat Keuntungan dari Kekuasaan Nazi

Partai Nazi adalah salah satu sejarah kelam umat manusia yang paling sering diperbincangkan. Era kekuasaannya telah merenggut begitu banyak nyawa, khususnya etnis Yahudi. Namun ternyata banyak pula pihak yang memperoleh keuntungan pada masa kejayaan partai pimpinan Adolf Hitler ini. Seperti dikutip dari Listverse, mereka ternyata adalah orang-orang berada yang memiliki perusahaan kenamaan.

1.Keluarga Vuitton,Pemilik Perusahaan Lousi Vuitton

5 Orang Terkenal yang Dapat Keuntungan dari Kekuasaan Nazistylebubble.co.uk

Louis Vuitton terkenal sebagai perusahaan fesyen yang menjual produk-produk super mewah. Perusahaan yang berdiri sejak 1854 ini turut melibatkan diri dengan pemerintah Perancis yang saat itu telah menjadi boneka Nazi demi menyelamatkan bisnis mereka. Bahkan mereka juga diduga mendirikan sebuah pabrik yang bertujuan untuk mendukung ribuan kampanye pemerintah saat itu.

2.Ferdinand Porsche

5 Orang Terkenal yang Dapat Keuntungan dari Kekuasaan Naziporscheprototype.com

Salah satu merek mobil olahraga paling wah di dunia ini, ternyata dimiliki oleh seorang yang fanatik dengan Nazi. Porsche memproduksi sekitar 23 juta mobil Volkswagen setelah berdiskusi dengan Hitler yang bercita-cita ingin membuat Jerman menjadi negara modern. Proses produksi mobil sebanyak itu mempekerjakan para tahanan perang. Kesimpulannya, selain membantu mewujudkan visi Hitler, ia juga memberi keuntungan buat perusahaannya.

3.Hugo Boss, Perusahaan Fashion 

5 Orang Terkenal yang Dapat Keuntungan dari Kekuasaan Naziwikimedia.org

Pendiri perusahaan satu ini juga merupakan pendukung Nazi. Meski berfokus pada produksi seragam polisi namun salah satu kontrak awal perusahaan ini adalah menyediakan seragam untuk tentara Nazi di awal munculnya partai tersebut. Kemudian, perusahaan juga membuat seragam pemuda Hitler hingga akhirnya memproduksi seragam SS secara massal. Boss baru-baru ini meminta maaf atas tindakan mereka mempekerjakan paksa tahanan perang di masa lalu.

4.Henry Ford, Pendiri Motor Ford

5 Orang Terkenal yang Dapat Keuntungan dari Kekuasaan Nazipbs.org

Ford merevolusi teknik produksi massal dalam industri perakitan kendaraan dan merupakan pendiri Perusahaan Ford Motor. Hitler menganggapnya sebagai inspirasi dan menyebut namanya dalam Mein Kampf. Tak hanya itu, Ford juga menerima penghargaan kehormatan tertinggi dari Nazi di tahun 1938. Meski mengaku menentang perang, sebelum Amerika terlibat dalam perang dunia, Ford menyediakan perlengkapan militer untuk Jerman.

5.Coco Chanel

5 Orang Terkenal yang Dapat Keuntungan dari Kekuasaan Nazimessynessychic.com

Coco Chanel terkenal sebagai desainer tas mewah, namun tidak akan ada yang menyangka bahwa ia juga pernah menjadi mata-mata Nazi. Berawal dari hubungan pribadinya dengan seorang mata-mata professional Jerman, Chanel yang sebenarnya tidak terlalu peduli politik diutus sabagi Agen F-7124 dengan kode nama “Westminster”. Ia sempat pergi ke Spanyol atas izin khusus dari Jerman untuk memperoleh informasi politik dengan dalih berdiplomasi.

Sumber: IDN TIMES

Editor: tom.