HETANEWS.COM

Vonis Pencuri HP Dinaikkan Hakim Jadi 1 Tahun

Petugas menggiring terdakwa meninggalkan ruang sidang usai vonis 1 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim, Roziyanti SH, Justiar Ronald SH dan Aries Ginting SH, menjatuhkan vonis 1 tahun penjara, terhadap terdakwa Noris Zet Haris Pasaribu (28), di PN Simalungun, Rabu (25/9/2019).

Vonis hakim tersebut, naik dari tuntutan jaksa, yang sebelumnya menuntut pidana penjara selama 7 bulan.

Warga Jalan Kuala Tanjung, Kelurahan Perdagangan III, Kecamatan Bandar, Simalungun ini, dinyatakan terbukti bersalah melakukan pencurian, dengan pemberatan. Noris terbukti mencuri satu unit handphone (Hp) merk Samsung.          

Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat. Sedangkan hal meringankan, terdakwa bersikap sopan dan belum pernah dihukum.

Terdakwa dipersalahkan melanggar pasal 363 (1) ke-4 KUH Pidana.           

Pencurian itu, dilakukan terdakwa, pada Senin, 24 Juni 2019, sekitar pukul 00,30 WIB, di dalam rumah kost, saksi korban, Rikky Erwin Simanjuntak, yang masih sekampung dengan terdakwa.

Malam itu, terdakwa masuk ke dalam rumah saksi korban yang sedang tidur dan pintunya tidak terkunci.            

Lalu mengambil  handphone yang sedang  dicas dan membawanya pulang. Kejadian itu, dilaporkan korban ke Polsek Perdagangan dan pada Rabu, 26 Juni 2019, polisi Ebenezer, menangkap terdakwa, bersama barang bukti Hp. Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban menderita kerugian Rp 800 ribu.

Terdakwa menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!